Gelombang Panas Thailand, Suhu di Atas 40 Derajat Celsius

Phuket, Thailand
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Pemerintah Thailand memperingatkan warganya untuk tetap tinggal di dalam rumah dan memperbanyak konsumsi air putih dalam mengatasi gelombang panas dalam 65 tahun terakhir.

BMKG: Suhu Indonesia Normal, Tak Ada Efek Equinox

Seperti diberitakan situs Channel News Asia, Jumat, 29 April 2016, suhu rata-rata telah meningkat hingga rata-rata 40-44,3 derajat celsius di berbagai daerah pada bulan ini.

Menurut Departemen Meteorologi Thailand, suhu rata-rata nasional telah melampaui tingkat waspada dan gelombang panas diperkirakan terus berlanjut.

BMKG: Pesan 'Ancaman' Cuaca Panas Ekstrem itu Tidak Benar

"Sampai sekarang suhu udara telah memecahkan rekor suhu tertinggi dalam 65 tahun. Dan ini masih terus berlanjut. Tahun 1960 adalah terakhir kali cuaca meningkat sepanas ini," kata Surapong Sarapa, Kepala Divisi Prakiraan Cuaca, Badan Meteorologi Thailand, mengutip situs Bangkokpost.

Para ilmuwan mengatakan, negara-negara di Asia Tenggara mengalami kenaikan suhu akibat El Nino, di mana pemanasan bagian dari Samudera Pasifik mengubah cuaca di seluruh dunia dan cenderung meningkatkan suhu global. El Nino juga telah menyebabkan kekeringan terburuk dalam beberapa dekade di sebagian besar wilayah.

Ada 'Ancaman' Suhu Ekstrem 40 Derajat, Ini Jawaban Singapura

Selain itu, pihak berwenang mengingatkan risiko tenggelam karena banyaknya warga yang berduyun-duyun ke pantai, kolam, dan danau untuk berenang di tengah cuaca panas.

Laporan menunjukkan bahwa sejak awal bulan ini sebanyak 135 anak di Thailand dilaporkan tenggelam.

Laporan: Dinia Adrianjara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya