30-04-1789: Washington Dilantik sebagai Presiden AS Pertama

Presiden Amerika Serikat Pertama, George Washington
Sumber :
  • www.biography.com

VIVA.co.id – Hari ini, 227 tahun silam, George Washington disumpah sebagai Presiden Amerika Serikat pertama, sekaligus memberikan pidato pengukuhan pertama di Federal Hall, Kota New York.

Lady Gaga Serukan agar Presiden Donald Trump dimakzulkan

Mengutip situs History, di depan 10 ribu warga AS yang menyaksikan pelantikan, Washington tampil menggunakan setelan baju cokelat polos sembari memegang pedang tentara seremonial.

Ia seakan-akan menampilkan sosok yang mengesankan dan khidmat saat berdiri untuk mengambil sumpah jabatan di balkon Federal Hall.

Cuma ke TPS, Melania Trump Pakai Outfit Rp300 Juta

Bersama John Adams, Wakil Presiden AS berdiri di sampingnya, Washington mengucap sumpah mengulang kata-kata yang diucapkan Kanselir Robert R. Livingston, mencium Alkitab dan memasuki ruang Senat untuk menyampaikan pidato resminya.

Usai menyampaikan pidato, Washington dan Adams bersama anggota Senat serta pemimpin politik menuju Kapel St. Paulus untuk berdoa.

Pemilu AS, Kanye West Pilih Diri Sendiri untuk Jadi Presiden

Kala itu, sejumlah pengamat mencatat jika Washington lebih menyukai berhadapan dengan meriam dan senapan api ketimbang berpidato.

Dia terlihat gelisah sembari memasukkan tangannya di salah satu saku, berbicara dengan suara rendah, bahkan kadang tak terdengar saat mengungkapkan penghormatan sekaligus kecemasannya saat dilantik sebagai orang nomor satu di AS.

Kendati demikian, Washington secara tegas menyebut perlunya kebutuhan konstitusi yang kuat dan Bill of Rights dan menghormati kekuatan Kongres. Ia juga berjanji akan menegakkan sikap tegas demi kepentingan publik. (ase)

Laporan: Dinia Adrianjara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya