Kapal Pesiar Terpapar Virus, Ratusan Penumpang Sakit

Kapal Balmoral
Sumber :
  • REUTERS/Chris Helgren/File Photo

VIVA.co.id – Ratusan penumpang sebuah kapal pesiar Inggris yang berada di Amerika Serikat terjangkit norovirus. The US Centers for Disease Control (CDC) mengatakan 252 dari 919 penumpang kapal Balmoral terkena virus yang menyerang bagian perut.

Ada di Indonesia, 4 Fakta Wabah Diare Norovirus

"Kebanyakan para penumpang adalah warga negara Inggris," kata pemilik kapal,  Fred Olsen, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari BBC, Senin, 9 Mei 2016.

Kapal tersebut dilaporkan sudah terjangkit virus dari beberapa tahun yang lalu, namun virus sulit dihilangkan. Perusahaan kapal mengatakan pihaknya sedang mengupayakan proses sanitasi dan pembersihan kapal di seluruh bagian.

9 Cara Mencegah Penularan Norovirus, Penyebab Wabah Diare di China

Kapal Balmoral berlabuh di Portland, Maine pada hari Minggu, 7 Mei 2016. Kapal itu sebelumnya berlayar dari Southampton pada 16 April dan diperkirakan tiba di Kanada hari Senin ini. Ketika berlabuh di Maine, ahli dari CDC melakukan tes pada penumpang yang terkena virus tersebut.

Sejak itu jumlah pasien dengan deteksi norovirus terus meningkat. "Delapan dari 520 kru kapal juga terjangkit penyakit ini," kata pernyataan yang dilansir CDC.

Wabah Diare Norovirus di China, Seberapa Cepat Menular?

Perusahaan kapal kemudian menegaskan akan mengatasi insiden itu dengan serius.  Mereka memutuskan untuk merawat 15 orang  di dalam kabin. "Kami bekerja sama secara penuh dengan otoritas maritim untuk mengusahakan segala upaya yang akan memastikan keamanan semua kru dan penumpang," kata perusahaan pemilik kapal.

Norovirus

Wabah Norovirus Bertahan 2 Minggu, Pahami Cara Pencegahannya

Norovirus menyebabkan 19-21 juta kasus gastroenteritis akut per tahun.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2020