China Ucapkan Selamat pada Kim Jong-un

Presiden China Xi Jinping
Sumber :
  • REUTERS/KYODO NEWS/Kenzaburo Fukuhara/POOL

VIVA.co.id – Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Kim Jong-un yang terpilih sebagai Ketua Partai Buruh Korea Utara dalam kongres yang berakhir pada Senin lalu.

Pemimpin Korut Kim Jong Un Debut Jadi 'Idol', Rilis Lagu Baru yang Isinya Puji Dirinya Sendiri

"Semoga warga Korea Utara sukses di bawah kepemimpinan Kim Jong-un," kata Xi, seperti dikutip dari kantor berita Reuters, Selasa, 10 Mei 2016.

Padahal, sebelumnya China sempat dibuat frustasi atas aksi Korea Utara yang tak berhenti melakukan uji coba senjata nuklir sejak awal tahun ini. Ia menjelaskan, negaranya tetap bekerjasama dengan Korea Utara untuk membawa ‘kebahagiaan’ bagi kedua negara.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Xi juga mengaku akan berkontribusi menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan dengan meningkatkan hubungan bilateral.

"Hubungan kedua negara secara pribadi ditempa dan dipupuk oleh kepemimpinan kedua negara sejak dari generasi sebelumnya. Persahabatan tradisional adalah harta," ujar Xi.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Diketahui, China merupakan sekutu utama Korea Utara dan mitra dagang utama. Sementara Kim merupakan generasi ketiga dari pemimpin negara yang terisolasi tersebut.

Sebelumnya, Korea Utara mengaku tidak memiliki rencana mengembangkan senjata nuklir, kecuali kedaulatannya diganggu oleh ‘musuh’.

Dalam pidatonya, ia juga mengaku akan mencoba untuk menormalkan hubungan dengan negara-negara yang ‘bermusuhan’ dengan Korea Utara, asalkan mereka menghormati kedaulatan negeri Tirai Besi itu. Ucapannya ini berbeda 180 derajat seperti sebelumnya yang selalu bernada mengancam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya