Keluarga WNI Sandera Abu Sayyaf Diharapkan Datang Menjemput

Menlu Retno Marsudi (kiri) berjalan bersama empat anak buah kapal (ABK) berwarganegaraan Indonesia saat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (13/5/2016).
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir mengatakan, proses penyerahan empat WNI eks sandera kelompok militan Abu Sayyaf akan dilaksanakan sore ini.

Kemlu Sebut WNI yang Disandera Houthi di Yaman Dalam Kondisi Sehat

"Insya Allah, semua (proses penyerahan) dilakukan hari ini. Kita harus komunikasikan ke keluarga dan sebagainya," kata Fachir kepada VIVA.co.id ketika ditemui di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Jumat, 13 Mei 2016.

Ia berharap semua keluarga dari WNI tersebut akan datang langsung ke Kementerian Luar Negeri menyambut anggota keluarga mereka bukan hanya perwakilan saja.

Taiwan Bantu Pulangkan 105 ABK WNI yang Terdampar di Lepas Pantai

"Kita berharap semua (anggota keluarga) datang langsung menjemput. Saat ini, mereka lagi dijemput sama ibu Menlu. Selebihnya nanti akan diberitahu lagi," ujarnya.

Dari informasi yang dikumpulkan redaksi, proses penyerahan ke keluarga akan dilakukan sore hari ini sekitar pukul 16.00 WIB di Gedung Kemlu RI.

Kemenhub Evakuasi Jenazah ABK WNI dari Kapal Berbendera China

Saat ini, keempatnya sudah sampai di Jakarta dan dijadwalkan langsung menjalani proses medical check-up di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Empat ABK WNI yang menjadi sandera kelompok milisi Abu Sayyaf sudah tiba di Tanah Air dengan keadaan selamat. Mereka dibawa menggunakan pesawat Boeing 737-200 milik TNI AU yang mendarat di Base of Lanud Halim Perdanakusuma, sekitar pukul 10.20 WIB, Jumat, 12 Mei 2016.

Kedatangan WNI yang disandera Abu Sayyaf sejak 15 April 2016, disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. Dalam sambutannya, Retno menyampaikan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak yang membantu pembebasan empat WNI ABK Kapal TB Henry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya