Thailand Borong 10 Unit Helikopter Rusia

Helikopter Mi-17V5
Sumber :
  • www.indiandefensenews.in

VIVA.co.id – Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand berencana membeli 10 unit helikopter Mi-17V5 buatan Rusia senilai US$86 juta untuk menggantikan helikopter CH-47 Chinook buatan Amerika Serikat.

Jenderal Cantik Selir Raja hingga Kisah TNI dan Gadis Bersimbah Darah

"Kita perlu helikopter untuk menggantikan CH-47 Chinook yang sudah uzur. Tugas helikopter baru nantinya akan sama dengan sebelumnya sebagai transportasi militer utama," ungkap Panglima Angkatan Bersenjata Thailand, Jenderal Teerachai Nakwanich, seperti dikutip dari situs Sputniknews, Rabu, 18 Mei 2016.

Ia mengungkapkan alasan pembelian helikopter buatan Rusia itu lantaran Thailand tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli sebuah Chinook baru.

4 Potret Terpopuler Jenderal Cantik Selir Raja Thailand

"Anggaran kami sangat terbatas dan helikopter Rusia memenuhi persyaratan kami, baik segi karakteristik maupun harga," tutur Nakwanich.

Rencana pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) ini akan dilaksanakan di sela-sela KTT Rusia-ASEAN pada 19-20 Mei 2016 di Sochi, Rusia.

Wanita Cantik Selir Raja Thailand Ternyata Jenderal Terlatih

Sebelumnya, pada Mei 2016, Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-ocha mengatakan bahwa Bangkok akan membeli sejumlah unit helikopter Rusia untuk memenuhi kebutuhan skadron helikopter AU Thailand.

Chan-ocha berharap, pembelian Mi-17V5 ini dapat mengatasi bencana alam dan keadaan darurat, evakuasi dan mendarat misi kemanusiaan maupun operasi militer.

Helikopter Mi-17V5 adalah salah satu modifikasi yang paling canggih dari keluarga Mi-17. Hal ini dihasilkan oleh JSC Kazan Helicopters dan dijual melalui BUMN eksportir senjata milik Rusia, Rosoboronexport.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya