Rusia Antusias Tetap Jual Persenjataan ke Indonesia

Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kota Sochi, 18 Mei 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Sergei Karpukhin

VIVA.co.id –  Indonesia dan Rusia sepakat memperdalam kerja sama pertahanan dan keamanan. Selain tetap menjual alat utama sistem persenjataan (alutsista) ke Indonesia, Rusia pun sepakat kerja sama bertukar informasi intelijen.

Tiga Alutsista Tambahan Dierahkan Operasi SAR Korban Pesawat Smart Aviation di Tarakan

Demikian salah satu poin penting pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pertemuan berlangsung di Kota Sochi pada Rabu waktu setempat.

“Kami sepakat untuk memperluas hubungan antar-kementrian pertahanan dan lembaga-lembaga keamanan,” demikian kata Putin saat gelar konfrensi pers bersama dengan Jokowi, seperti dikutip kantor berita Reuters. Selain itu, Jokowi juga menuturkan bahwa Rusia dan Indonesia juga sepakat untuk bertukar informasi intelijen. 

Harimau Mengaum! Kekuatan Baru Pertahanan Indonesia dengan Tank Canggih Berkaliber 105mm

Sementara itu, Kepala Badan Ekspor Persenjataan Rusia, Alexander Fomin, mengungkapkan bahwa Rusia tetap melanjutkan penjualan alutsista ke Indonesia, termasuk amunisi. “Indonesia tertarik atas kapal selam dan jet tempur buatan Rusia, walaupun ada juga tawaran dari mitra-mitra lain seperti AS dan China,” kata Fomin.  

Pejabat Kremlin (Kantor Kepresidenan Rusia), Yuri Ushakov mengungkapkan bahwa Rusia akan menyepakati penjualan senjata dan amunisi dengan Indonesia. Rusia merupakan eksportir persenjataan kedua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.

Momen Menhan Prabowo Naik Rantis, Cek Alutsista Bareng Panglima dan Kapolri

Tahun ini Rusia berencana ekspor senjata dengan nilai total US$14 miliar. Total portofolio pesanan senjata buatan Rusia saat ini senilai lebih dari US$50 miliar.

(ren)

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros

Mengenal Kendaraan Khusus Pengangkut Roket Astros Buatan Asli Indonesia

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros dipamerkan dalam Defile Alutsista TNI yang diadakan untuk memperingati HUT ke-78 TNI di Silang Monas lalu

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024