Selangkah Lagi, RI-Norwegia Bebas Visa Paspor Diplomatik

Menteri Luar Negeri Norwegia, Borge Brende (kiri) bersama Menlu Retno LP Marsudi, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Senin, 30 Mei 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter: @borgebrende

VIVA.co.id – Salah satu pembahasan yang menjadi topik pembicaraan antara Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu Norwegia Borge Brende dalam pertemuan 2nd Joint Commission fro Bilateral Cooperation adalah soal kunjungan bebas visa.

RI Bidik Investor Norwegia Garap Eksplorasi Migas

Dalam pertemuannya dengan Menlu Norwegia, Menlu Indonesia Retno Marsudi mengatakan, kedua negara sedang membahas perihal bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik.

"Mengenai bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik saat ini sudah mencapai tahap akhir dari diskusi. Jadi semoga tahap finalisasi dapat terjadi dalam waktu dekat," kata Menlu Retno, di Gedung Kemlu, Senin, 30 Mei 2016. Retno berharap soal bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik akan segera tuntas.

17-06-1944: Islandia Merdeka dari Denmark

Selain itu, Menlu Brende mengatakan, kerja sama antara kedua negara semakin kuat dan luas. "Kami selalu mencoba untuk meningkatkan kerjasama, salah satunya di sektor bisnis dan investasi. Tahun ini diharapkan ada peningkatan di sektor ekonomi," kata Menlu Brende.

Norwegia merupakan mitra dagang RI yang berada di peringkat ke-2 untuk negara-negara Nordic dan ke-12 di Eropa. Nilai perdagangan bilateral tahun 2015 yaitu sebesar US$ 291.9 juta. Ekspor utama RI ke Norwegia antara lain pakaian, furnitur, alas kaki, peralatan listrik, kopi, teh dan coklat. Sementara impor utama RI dari Norwegia adalah bahan kimia, mesin industri, peralatan listrik, ikan dan produk laut.

Indonesia Jadi Radar Utama Pebisnis Norwegia
Audun Kvitland Rostad, pria asal Norwegia yang menciptakan lagu Nasi Padang. Pemuda ini mengaku jatuh cinta dengan kuliner khas Indonesia Nasi Padang

Pesona Lagu Kvitland Bikin Rindu Nasi Padang

DOBEL

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2022