Perdagangan Ginjal Ilegal di India Terbongkar

ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Polisi India berhasil menemukan kasus perdagangan ilegal atas ginjal manusia. Aksi tersebut terbongkar di salah satu rumah sakit swasta terkemuka di ibu kota India, New Delhi.

Butuh Uang, Boleh Enggak Sih Jual Ginjal?

Mereka mengatakan lima orang telah ditangkap, termasuk dua karyawan dari Rumah Sakit Apollo. Kedua orang ini diduga berperan memikat orang miskin untuk menjual ginjal mereka, dengan harga hingga US$ 7.500. Organ itu akan dijual kembali dengan mengambil keuntungan besar.

Rumah sakit mengatakan, aksi tersebut terjadi karena jaringan berhasil membohongi dokter di rumah sakit. Modus operasi jaringan ini adalah dengan memalsukan dokumen untuk menipu dokter. Mereka mengatakan, ginjal tersebut akan disumbangkan pada saudara yang membutuhkan, sehingga dokter bersedia melakukan operasi.

FPI Cs Ancam Sweeping Warga India, Nama Raam Punjabi Disinggung

Rumah Sakit Apollo mengatakan mereka prihatin atas terbongkarnya aksi tersebut. Pihak rumah sakit juga menambahkan bahwa mereka sepenuhnya bekerja sama dengan polisi. "Rumah sakit telah menjadi korban dari operasi yang diatur untuk menipu pasien dan rumah sakit," kata seorang juru bicara rumah sakit Apollo, seperti dikutip dari BBC, 5 Juni 2016.

"Kami mendesak polisi untuk mengambil tegas tindakan terhadap semua yang terlibat," ujar juru bicara itu menambahkan.

Sindir Budiman Sudjatmiko, Pigai: Berat Ya Jadi Orang Berpikir

Kekurangan kronis organ tubuh untuk donor memicu perdagangan pasar gelap organ tubuh di seluruh India. Penjualan organ tubuh ini dianggap sangat menguntungkan sehingga marak terjadi di seluruh India.

Aksi bela Muslim India yang digelar di Makassar menuntut Dubes India diusir dari Indonesia, Jumat (6/3/2020).

MUI: Kemlu Ragu Bersikap Terhadap Kekerasan Muslim India

MUI kecewa berat terhadap Kedubes India.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2020