Dubes Inggris untuk Arab Bersyukur Bisa Naik Haji

Kota Suci Mekah.
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah

VIVA.co.id – Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi, Simon Collis, dan istrinya, Huda al-Mujarkech, menunaikan ibadah haji tahun ini setelah memutuskan masuk Islam. Collis merupakan diplomat senior Inggris pertama yang menjadi mualaf dan menunaikan ibadah haji, yang membuatnya banyak mendapatkan ucapan selamat dari berbagai kalangan.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Sementara Mujarkech, istri Collis, adalah seorang perempuan Suriah. Collis telah masuk Islam mengikuti istrinya dan menyempurnakan ibadahnya dengan mengajak istri untuk naik haji.

Foto-foto Collis diunggah di media sosial yang mendapat sambutan positif, antara lain penulis dan pegiat wanita Arab Saudi, Fawziah Albakr, yang menulis dalam bahasa Arab.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

"Duta besar Inggris untuk Arab Saudi menjalani ibadah haji setelah masuk Islam. Simon Collis dengan istrinya Huda di Mekah. Alhamdulillah," kata Albakr, melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip situs BBC, Jumat, 16 September 2016.

Melalui Twitter-nya pula, Collis mengucapkan terima kasih kepada para pemberi selamat, dan mengungkapkan dia telah masuk Islam sesaat sebelum menikahi istrinya.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Ia juga menulis, "Pendeknya, saya masuk Islam tahun 2011 setelah menghabiskan 30 tahun di lingkungan masyarakat Muslim dan sebelum menikahi Huda," tutur Collis.

Diplomat Inggris tersebut telah menjabat sebagai Duta Besar untuk Arab Saudi sejak 2015. Sebelumnya, Collis bertugas untuk Kementerian Luar Negeri Inggris, termasuk sebagai Duta Besar untuk Irak, Suriah dan Qatar.


Pada 2012, ia diminta meninggalkan Suriah karena alasan keamanan oleh Kemenlu Inggris, dan yang tak disangka-sangka, Collis berani dan terbuka mengkritik rezim al-Assad atas perannya dalam perang saudara.

Collis juga menjabat sebagai Konsulat Jenderal di Dubai dan Basra, serta pernah bertugas di Tunis, New Delhi, dan Amman.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya