RI Ingin Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB 2019-2020

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno LP Marsudi.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Indonesia secara resmi telah meluncurkan kampanye dalam rangka pencalonan sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020. Peluncuran kampanye tersebut ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dengan didampingin oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di hadapan 200 tamu undangan di Markas Besar PBB, New York.

Kemlu: 120 WNI di Ukraina Dipulangkan ke RI, 32 Orang Pilih Menetap

"Indonesia adalah negara yang memenuhi syarat-syarat utama untuk terpilih dalam pemilihan Anggota Tidak Tetap DK PBB dan Indonesia siap untuk itu," kata Menlu Retno melalui keterangan pers yang diterima VIVA.co.od, Selasa 27 September 2016.

Menurut Retno, Indonesia memiliki postur yang membuatnya layak menjadi anggota tidak tetap DK PBB. Indonesia adalah negara berpenduduk keempat terbesar dunia, negara demokrasi terbesar ketiga dunia dan negara berpenduduk muslim terbesar dunia.

Satu Tahun Sejak Kudeta Myanmar, DK PBB Dukung 'Kehendak Rakyat'

"Indonesia menjadi bukti bahwa Islam, demokrasi, modernitas, dan penguatan perempuan dapat terjalin dalam satu harmoni," ujarnya.

Selain itu, Indonesia juga termasuk dalam sepuluh negara penyumbang terbesar bagi pasukan pemeliharaan perdamaian PBB. Jumlah perwakilan RI di luar negeri yang mencapai 132 perwakilan dapat membantu Indonesia memahami dengan baik situasi di lapangan.

Kemlu Berhasil Selamatkan Hak Finansial WNI di Luar Negeri Rp179 M

"Indonesia memerlukan Anda sekalian agar bisa menjadi mitra sejati bagi perdamaian. Sebagai anggota DK PBB, Indonesia akan memainkan peran bertanggung jawab dan konstruktif, secara berusaha maksimal untuk memberikan sumbangsihnya," katanya.

Pemilihan anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020 akan dilaksanakan pada Juni 2018. Indonesia bersaing dengan Maladewa untuk memperebutkan satu kursi yang dialokasikan bagi Negara Asia Pasifik.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya