Penyelam Cantik Ciptakan Rekor untuk Martir Kudeta Turki

Perenang gaya bebas asal Turki, Sahika Ercumen.
Sumber :
  • Twitter Sahika Ercumen

VIVA.co.id – Perenang gaya bebas asal Turki, Sahika Ercumen (31), mendedikasikan rekor baru menyelamnya untuk martir kudeta militer gagal Turki pada 15 Juli lalu.

Turki Kembali Tahan 1000 Orang Terkait Gulen

Ercumen berhasil memecahkan rekor menyelamnya sembari membawa spanduk bertuliskan, 'satu nafas, satu hati untuk martir kami'.

"Kami ingin membuat nama untuk negara kami tercinta. Tidak dengan teror atau kudeta, tetapi dengan keberhasilan internasional seperti ini. Satu napas, satu hati," katanya, kepada wartawan, seperti dikutip situs Anadolu Agency, Minggu, 23 Oktober 2016.

12 Aktivis HAM Turki Ditahan Tanpa Penjelasan

Ercumen memecahkan rekor selam gaya bebas dunia dalam disiplin berat variabel dengan kategori sirip di laut lepas Kas, sebuah kota pantai di dekat Pantai resor Mediterania dari Antalya, Turki.

Ercumen menyelam 110 meter hanya 2 menit 40 detik. Perempuan cantik ini sebelumnya memegang empat kali rekor dunia menyelam gaya bebas sejak 2013.

Di Balik Aksi Pemecatan Ribuan Polisi di Turki

Setidaknya, 241 orang tewas dan hampir 2.200 terluka dalam kudeta militer gagal, yang oleh pemerintah Turki, digerakkan oleh pengikut Fetullah Gulen, Organisasi Teroris Fetullah (Feto), yang kini tinggal di pengasingan di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Menteri Kehakiman Turki, Bekir Bozdag, mengungkapkan para pengikut kelompok Hizmet, yang dipimpin Fethullah Gulen, terlibat dalam percobaan kudeta militer di Turki. Kudeta itu akhirnya hanya berlangsung selama kurang lebih lima jam sebelum berhasil digagalkan.

Langkah pembersihan yang diumumkan pada hari Minggu (08/07) ini merupakan yang terbaru setelah upaya kudeta militer yang gagal dua tahun silam. - Getty Images

Turki Kembali Pecat Ribuan Tentara dan Polisi

Tindakan itu diambil untuk mengurangi ancaman pada keamanan nasional.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2018