Istri Kim Jong-un Sudah Tujuh Bulan Hilang

Kim Jong Un kunjungi pusat perbelanjaan bersama istrinya
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – Absennya istri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di hadapan publik selama beberapa bulan terakhir memunculkan berbagai spekulasi dari beberapa pihak.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Sudah tujuh bulan ini, Ri Sol-ju tidak diketahui keberadaannya. Beberapa menduga hamil, namun ada juga yang beranggapan ia telah "disingkirkan.” Para pengamat situasi di Pyongyang beranggapan, pamor Ri tersingkir kehadiran adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, yang belakangan memiliki peran besar dalam menopang tahta kepemimpinan.

Dilansir Independent, Selasa 1 November 2016, Kim Yo-jung ditugaskan di Departemen Propaganda dan Agitasi Korut sejak tahun lalu. Ia bertanggung jawab memperhatikan kepribadian Kim Jong-un. Kim Yo-jung dinilai memiliki banyak pengaruh atas kakaknya, karena diyakini Kim Jong-un tidak memiliki kecakapan yang mumpuni dalam bidang politik.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Menurut kabar, Kim Yo-jong memiliki kemampuan politik yang baik, sehingga ia jauh lebih mahir bermanuver politik yang diperlukan untuk menjaga Kim Jong-un dalam kekuasaan.

Menurut Independent,  istri Kim terakhir terlihat dalam kunjungan di sebuah kompleks fasilitas kesehatan di Pyongnyang, pada  28 Maret lalu.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Toshimitsu Shigemura, seorang profesor di Universitas Waseda Tokyo yang berfokus pada kepemimpinan Pyongyang, mengatakan "hilangnya" Ri bisa disebabkan beberapa faktor. "Ada beberapa alasan yang mungkin, termasuk bahwa dia hamil atau bahwa ada semacam masalah antara mereka berdua," ujar Shigemura.

"Selain itu, ada juga laporan dari ketidakstabilan di Pyongyang dan bahkan beberapa percobaan serangan, termasuk oleh faksi-faksi di militer Korea Utara, melawan Kim tahun lalu. Ada kemungkinan bahwa Ri tidak muncul di depan publik karena ia sedang dijaga ketat," katanya.

Sebelumnya pada 2012 lalu, Ri juga sempat hilang dari pandangan publik sehingga menimbulkan spekulasi. Namun salah satu mantan bintang basket AS, Dennis Rodman yang bersahabat dengan Kim Jong-un mengungkapkan, Ri telah melahirkan seorang anak perempuan pada akhir 2012.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya