Ikut Pameran Internasional, Anjungan Indonesia Tampil Beda

Anjungan Indonesia di Baghdad International Fair ke-43.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Kemlu RI

VIVA.co.id – Irak merupakan negeri kaya minyak dan gas di Timur Tengah. Meski saat ini negeri berjuluk Seribu Satu Malam itu masih dilanda konflik dan teror, namun peluang dan potensi ekonomi yang dimiliki sangatlah besar.

Sejumlah Kontrak Blok Migas Baru Bakal Diteken di IPA Convex 2024

Kendati demikian, Irak tak ingin berdiam diri dan bangkit kembali memperbaiki perekonomian, khususnya sektor minyak dan gas (migas).

Untuk itu, digelarlah Baghdad International Fair ke-43, pameran perdagangan tahunan terbesar yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan Irak, pada 1-10 November 2016.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Dalam pameran ini akan hadir lebih dari 450 perusahaan, baik dari Irak maupun negara lain, sebagai bentuk dukungan dan kemitraan profesional.

Indonesia merupakan negara yang ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut, dan menegaskan kembali eratnya hubungan kedua negara.

ESDM Tetapkan Petronas Pemenang Lelang Blok Migas di Papua Barat, Ada Potensi 6,8 Miliar Barel

Dalam sambutan, Pelaksana Tugas Menteri Perdagangan Irak, Salman al-Jumaili, mewakili Perdana Menteri Haedar al-Abadi, menyampaikan penghargaan atas keikutsertaannya kepada Indonesia dan negara lain, perusahaan lokal maupun internasional, guna menyukseskan pameran ini.

"Kehadiran Indonesia dan negara-negara lain menunjukkan potensi ekonomi yang dimiliki Irak, sekaligus sebagai bukti dukungan masyarakat internasional terhadap proses rekonstruksi dan rekonsiliasi," kata al-Jumaili, melalui keterangan pers Kemlu RI, Rabu, 2 November 2016.

Di pameran tersebut, anjungan Indonesia tampil beda dengan yang lain. Anjungan Indonesia dirancang dengan gaya modern dengan sentuhan ornamen Dayak Kalimantan.

Konsep bangunan merupakan kombinasi tiang V rig laut, kapal, dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Didominasi warna merah dan putih, selain menunjukkan identitas kebangsaan Indonesia, juga menunjukkan dinamika dan kegairahan Indonesia bermitra dengan Irak.

Selain menampilkan PT Pertamina (Persero) sebagai sponsor utama, juga dihadirkan logo “Trade with Remarkable Indonesia” dan berbagai contoh produk unggulan Indonesia seperti, makanan dalam kemasan (biskuit), kopi, minuman kesehatan, kosmetika, pakaian, serta produk kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya