Terbukti Ejek Islam, Pesenam Olimpiade Dihukum

Aula gereja yang dipakai umat Muslim di Inggris/Ilustrasi.
Sumber :
  • Dailymail

VIVA.co.id – Pesenam terkenal asal Inggris yang juga langganan Olimpiade, Louis Smith, mendapat hukuman tak boleh berpartisipasi dalam senam oleh Asosiasi Senam Inggris. Ia terbukti bersalah karena "mengejek" Islam.

Kenwilboy Pernah Lecehkan Masjid hingga Kasus Investasi Bodong

Louis diganjar hukuman setelah video yang memperlihatkan dia 'mengejek Islam' beredar luas. Video itu direkam sendiri oleh Louis Smith. Dalam video itu, Smith terlihat tertawa saat mantan pesenam Luke Carson meniru cara salat. Video rekaman tersebut lalu beredar luas dan publik marah melihat aksi Smith dalam rekaman tersebut.

Diberitakan oleh BBC, Rabu, 2 November 2016,  peraih empat medali emas Olimpiade itu belakangan sudah menyatakan penyesalan yang mendalam. Ia juga mengakui bahwa tindakannya tidak berakal. Namun Asosiasi Senam Inggris tetap menghukumnya.

Pesenam Inggris Selamat dari Kecelakaan Fatal saat Latihan

Louis Smith adalah peraih medali perak cabang senam untuk nomor palang berkuda di Olimpiade Rio 2016. Pesenam yang berusia 27 tahun ini merupakan pesenam paling terkenal di Inggris dan meraih juara dalam lomba dansa BBC, Strictly Come Dancing, pada tahun 2012.

"Disayangkan setelah pencapaian pada musim panas, organisasi berada dalam posisi yang sulit dengan dua anggota kalangan atasnya melanggar standar perilaku," kata Kepala Eksekutif Asosiasi Senam Inggris, Jane Allen. "Sebagai pelindung integritas dan nilai-nilai olah raga, kami tidak punya pilihan kecuali bertindak untuk bertanggung jawab," ujar Allen menambahkan.

Kanye West Disebut Hina Islam, Gara-gara Sepatu Diberi Nama Malaikat

Asosiasi menyatakan, larangan atas Smith merupakan sanksi akumulatif karena beberapa perilaku lainnya yang juga dianggap tidak pantas. Bulan Juni lalu, Smith juga mendapat peringatan karena menerbitkan di media sosial foto seorang pesenam Amerika, ketika masih berusia 16 tahun, dengan komentar seolah-olah dari Asosiasi Senam Inggris: "tidak layak sebagai peserta."

Sekitar dua bulan sebelumnya, Smith juga meminta maaf karena mempertanyakan penjurian di Kejuaraan Senam Inggris, setelah kalah dari peraih medali emas Max Whitlock, yang juga meraih medali emas di nomor palang berkuda di Olimpiade Rio 2016.

Tak lama setelah videonya beredar dan hujan kecaman, Louis mengunjungi dua masjid di London. Ia mencoba mencairkan suasana dan menyampaikan penyesalannya.

Sementara itu, jika Louis Smith dihukum tak boleh berpartisipasi, Carson mendapat peringatan dengan masa berlaku dua tahun. Namun Carson masih diizinkan untuk melatih.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya