Strategi Indonesia Raih Dukungan Jadi Anggota DK PBB

Delegasi Indonesia berpartisipasi dalam Sidang Komite Perluncutan Senjata dan Keamanan Internasional di Markas Besar PBB, New York, AS.
Sumber :
  • PTRI New York

VIVA.co.id – Indonesia sedang berkepentingan untuk mencalonkan diri sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa Periode 2019-2020.

Viral, Rudal Israel Hantam Markas Pasukan UNIFIL TNI di Lebanon, Mabes TNI Angkat Bicara

Dalam visinya, Indonesia ingin mewujudkan pengiriman 4.000 personel pasukan keamanan perdamaian (peacekeepers) pada 2019.

Salah satu upaya untuk meraih dukungan adalah menggelar Challenges Forum Workshop yang diselenggarakan oleh Direktorat Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata, Direktorat Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Indonesia, di Nusa Dua, Bali, pada 10-11 November 2016.

DPR: Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon Perlu Didukung Peningkatan Alutsista

Selaku tuan rumah, Dirjen Multilateral Kementerian Luar Negeri, Hasan Kleib, mengatakan, PBB harus mempertimbangkan kebijakan pemberian insentif bagi negara penyumbang pasukan, dan seraya menggarisbawahi pentingnya perspektif regional untuk mendukung Misi Pemeliharaan Perdamaian (MPP) PBB.
 
"PBB harus mencari cara yang efektif dalam kerja sama antara Dewan Keamanan dan Sekretariat serta negara penyumbang pasukan pemeliharaan perdamaian," kata Hasan, dalam keterangan persnya, Kamis, 10 November 2016.

Selain itu, terdapat sejumlah hal pokok yang ditekankan oleh Hasan, yaitu pentingnya mewujudkan seluruh komitmen negara-negara anggota PBB pada 2017.

DPR Minta Jokowi dan Prabowo ‘Tengokin’ Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon

"Itu termasuk melalui komitmen PBB dalam menjamin keterwakilan yang proporsional bagi negara penyumbang pasukan. Selain itu juga untuk mendukung upaya peningkatan kapasitas dan pelatihan personil pasukan perdamaian," paparnya.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang pasukan perdamaian terbesar, yaitu di peringkat 11. Tujuan utama Challenges Forum adalah membahas isu-isu penting dan berbagai tantangan terkini yang dihadapi pasukan perdamaian, baik militer, polisi, maupun sipil.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dua kiri) menjawab pertanyaan wartawan selepas acara penerimaan 22 mahasiswa Palestina penerima beasiswa Pemerintah RI di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

Indonesia Tegas Dukung Kemerdekaan Palestina: Prabowo: Kita Siap Kirim Pasukan Perdamaian

Calon presiden dari nomor urut 2 (Capres), Prabowo Subianto memastikan Indonesia akan terus konsisten membela kemerdekaan rakyat Palestina.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024