Melalui Telepon, Trump dan Putin Semakin Akrab

Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Sumber :
  • REUTERS/Alexei Druzhinin/RIA Novosti/Kremlin

VIVA.co.id – Presiden Rusia Vladimir Putin kembali mengucapkan selamat kepara Presiden AS terpilih, Donald Trump, melalui percakapan telepon, Senin malam waktu setempat.

Perkembangan Perang Ukraina-Rusia, Perundingan Damai Berlangsung Panas

Dalam pembicaraan tersebut, Putin berharap Trump sukses dalam melaksanakan program pemilu dan mengatakan siap mengembangkan dialog kemitraan dengan pemerintahan baru. Dialog ini berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati dan tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri masing-masing.

Selama percakapan, kedua pemimpin setuju mengenai keadaan bilateral kedua negara yang tidak memuaskan, tetapi juga menyatakan dukungan untuk upaya bersama dan menormalkan hubungan kedua negara. Mereka juga menekankan pentingnya membangun pondasi yang memadai untuk hubungan bilateral, dengan mengembangkan kerjasama perdagangan dan komponen ekonomi.

Kabur dari Perang, Tentara Rusia Bakal Dibunuh Pasukan Khusus Putin

Mengutip situs resmi Kremlin, en.Kremlin.ru, kedua pemimpin mencatat bahwa tahun depan akan menjadi 210 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Rusia dan AS, yang dengan sendirinya harus mendorong kembali kerjasama yang menguntungkan dalam kepentingan kedua negara, serta stabilitas global keamanan.

Selain itu, baik Putin maupun Trump, membahas perlunya bekerja sama dalam perjuangan melawan musuh nomor satu, yakni terorisme internasional dan ekstrimisme. Dalam konteks ini, mereka membahas isu-isu yang berkaitan dengan pemecahan krisis di Suriah.

Presiden Putin Beri Lampu Hijau ke Sukarelawan yang Ingin Bertempur

Mereka sepakat untuk mempertahankan kontak dan komunikasi melalui telepon dan mengatur pertemuan secara pribadi dalam waktu dekat, dengan persiapan yang akan dilakukan oleh perwakilan dari kedua belah pihak.

Vladimir Putin, Xi Jinping, dan Joe Biden.

Sumber AS Sebut China Bakal Bantu Militer Rusia dalam Perang Ukraina

Seorang pejabat AS mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi China telah menyatakan kesediaan untuk memberikan bantuan militer dan keuangan kepada Rusia.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022