Kunjungi Pakistan, Inggris Sentil Konflik Kashmir

Penasihat Luar Negeri Pakistan Sartaj Aziz dan Menteri Luar Negeri Inggris Boris.
Sumber :
  • REUTERS/Aamir Qureshi/Pool

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson mendesak diakhirinya perselisihan lama antara India dan Pakistan atas wilayah Kashmir. Ia menyerukan keberlanjutan proses damai yang sempat terhenti untuk menemukan jalan keluar permanen demi berakhirnya sengketa wilayah yang berlangsung selama beberapa dekade.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Kami sangat prihatin atas insiden yang sedang menimpa kedua negara yang berada di wilayah perbatasan (garis kontrol/line of control). Kami menyerukan agar kekerasan tersebut dihentikan dan melihat masa depan dengan mengangkat potensi bisnis yang luar biasa dari Kashmir," kata Johnson, seperti dikutip situs Anadolu Agency, Jumat, 25 November 2016.

Dalam kunjungan resmi pertamanya ke Islamabad, Pakistan, Johnson mengatakan pihaknya ingin meningkatkan hubungan bisnis dengan Pakistan yang belum sepenuhnya digarap maksimal.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Padahal, lanjut mantan Wali Kota London itu, Pakistan berpotensi mengambil keuntungan dari perdagangan tahunan dengan Inggris hingga 2,5 juta poundsterling atau sekitar US$3,1 juta (Rp4,2 miliar).

Sementara, Penasihat Luar Negeri Pakistan, Sartaj Aziz, mengaku pelanggaran hak asasi manusia kerap terjadi di wilayah Kashmir India, di mana lebih dari 100 warga sipil tewas akibat bentrokan.

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Seperti diketahui, dua negara serumpun ini telah lama terlibat konflik terbuka sejak merdeka pada 1947. Kashmir merupakan wilayah yang dihuni mayoritas Muslim namun diklaim oleh dua negara kekuatan regional ini sebagai wilayah mereka hingga saat ini.

Range Rover Electric

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Merek mobil mewah asal Inggris Jaguar Land Rover mengumumkan rencana untuk menghadirkan Range Rover versi listrik untuk pasar global pada akhir tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024