Trump Ingin AS Makin Mesra dengan Vietnam

Presiden terpilih AS, Donald Trump
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, ingin AS lebih memperkuat hubungan dengan Vietnam. Ini dia sampaikan langsung saat bertelepon dengan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dalam percakapan telepon pada Rabu waktu Washington DC, PM Vietnam mengucapkan selamat kepada Trump atas terpilihnya dia sebagai presiden AS pada Pemilu lalu. Dia pun mengingatkan Trump agar menekankan pentingnya menjaga persahabatan dan kerja sama.

"Presiden terpilih Trump memberikan pujian terhadap prestasi Vietnam, serta perkembangan positif dalam hubungan bilateral kedua negara. Dia juga menegaskan keinginannya untuk bekerja sama dengan Vietnam untuk mempercepat hubungan antara kedua negara," tulis pemerintah Vietnam, yang dilansir Reuters, Kamis 15 Desember 2016.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Trump dan Nguyen juga membahas cara-cara untuk mempromosikan hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi AS dan Vietnam.

Vietnam juga telah menyatakan dukungannya untuk AS dalam mempertahankan keamanan dan stabilitas di Asia. Washington juga telah sepenuhnya mengangkat embargo atas Vietnam pada Mei lalu, sehingga memungkinkan pertahanan yang lebih dekat dan beberapa latihan militer bersama.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Trump telah melakukan percakapan telepon dengan beberapa pemimpin negara kunci yang terlibat dalam sengketa maritim dengan China, di antaranya Jepang, Filipina dan Taiwan.

(ren)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022