Gempa 7,6 SR Guncang Chili, Air Laut Ikut Surut

Gempa Chili merusak jembatan.
Sumber :
  • Reuters/Alvaro Vidal

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 7,6 skala richter (SR) mengguncang Chili bagian selatan, pada Minggu, 25 Desember 2016, waktu setempat. Peringatan tsunami sempat dikeluarkan badan meteorologi di sana agar warga di sekitar pantai menyelamatkan diri.

Mobil Rusak Akibat Gempa, Apakah Dicover Asuransi?

Berdasarkan hasil observasi data pasang surut air laut, telah terdeteksi catatan tsunami dengan ketinggian 0,08 meter di Puerto Melinka.

Tsunami disebutkan berpotensi terjadi di wilayah sekitar pusat gempa, seperti di Corral, Golfo De Penas, Talcahuano, dan Puerto Melinka, Chili. Namun tiga jam setelah gempa, peringatan tsunami telah dicabut.

Gempa Guncang Jakarta, Warga Berhamburan Keluar Gedung

Dilansir CNN, Senin, 26 Desember 2016, pesan pencegahan yang telah dikeluarkan untuk wilayah Los Lagos telah diangkat. Hal itu disampaikan Angkatan Laut Chili Hidrografi dan Oseanografi Service. Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Umum Chili juga menyatakan telah membatalkan proses evakuasi tsunami di daerah pantai dekat zona gempa.

Tak lama setelah gempa melanda, Presiden Chili Michelle Bachelet menyatakan dukungannya kepada rakyatnya. Warga diminta tetap tenang dan kuat menghadapi bencana yang melanda. 

Dampak Gempa Bali, Sejumlah Bangunan Rusak Ringan

Sementara itu, seseorang dari otoritas setempat juga menyatakan para pejabat setempat memang telah mengeluarkan peringatan tsnami untuk wilayah dalam 1.000 kilometer dari pusat gempa. "Namun peringatan itu diturunkan ke waspada tsunami," kata seseorang dari otoritas setempat. Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. (ase)

Lokasi gempa 7,2 SR di Meksiko.

Detik-detik Gempa 7,2 SR Guncang Meksiko

Komite darurat nasional Meksiko diaktifkan.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2018