Kebakaran Hebat Landa Chile, 100 Rumah Dilalap Si Jago Merah

Petugas Pemadam Kebakaran Chile memantau lokasi kebakaran di Valparaiso, Chile.
Sumber :
  • REUTERS/Rodrigo Garrido

VIVA.co.id – Kebakaran hebat melanda Valparaiso, Chile, pada Senin malam, yang memberangus 100 rumah dan mendorong evakuasi sekitar 400 warga.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Menteri Dalam Negeri Chile, Mahmud Aleuy mengatakan, seperti dikutip Reuters, Selasa, 3 Januari 2017, bahwa sedikitnya 19 orang terluka dan total 500 rumah berisiko dilalap si jago merah.

"Kami tidak memiliki cara untuk mencegah orang dari membuang sampah ke selokan Valparaiso. Kami bersikeras bahwa itu bukan hanya sistem sipil yang harus melakukan pekerjaan pencegahan. Tapi semua pihak," ungkap Aleuy.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Menurutnya, hampir 50 petugas pemadam kebakaran Valparaiso dikerahkan untuk memadamkan api. Pihak penyelidik juga telah dikirim untuk mengetahui penyebab kebakaran yang diduga berawal dari rumah nelayan.

Kebakaran semakin besar lantaran hembusan angin kencang dan suhu panas yang tinggi. Sanitasi yang buruk juga menambah kobaran api lantaran banyaknya sampah yang berserakan di tepi jurang kecil di sepanjang Valparaiso.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Valparaiso adalah pusat dari daerah metropolitan yang berpenduduk satu juta jiwa, dan distrik perkotaan terbesar kedua di Chile. Kota ini dibangun di lereng bukit yang curam di daerah tertutup hutan pinus.

Pada 2014, kebakaran lebih besar menerjang Chile yang menewaskan 13 orang dan membakar 2.000 rumah. Banyak kebakaran kecil terjadi yang berasal dari Valparaiso.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah sampai harus saling berdebat bagaimana merencanakan pembangunan tata ruang kota yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya