Di India, Sapi dan Kerbau Diberi 'KTP'

Ilustrasi sapi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Daru Waskita

VIVA.co.id – Kartu tanda penduduk atau identitas diri sudah wajib dan lumrah dimiliki setiap warga negara. Namun, bagaimana kalau hewan juga harus memilikinya? Hal ini terjadi di India.

431 Kerbau di OKI Sumsel Mati Mendadak, Ini Penyebabnya

Mengutip situs Telegraph, Kamis, 5 Januari 2017, hewan jenis sapi dan kerbau kini memiliki identitas numerik yang unik dan diberi nama 'kartu kesehatan hewan'.

Pemberian identitas untuk kedua hewan yang dihormati tersebut mirip dengan sistem kartu Aadhar bagi warga India.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Perdana Menteri India, Narendra Modi, telah memulai rencana menetapkan nomor identifikasi 12 digit unik untuk 41 juta ekor kerbau dan 47 juta ekor sapi hingga akhir 2017.

Untuk memuluskan program pemerintah ini sebanyak 100 ribu tenaga ahli disebar ke seluruh negeri sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor susu dalam lima tahun ke depan.

Harga Daging Sapi Tembus Rp 180 Ribu Per Kg Jelang Ramadhan

Setelah sebuah alat ditempelkan pada bagian telinga kedua hewan ternak itu, teknisi akan menggunakan tablet untuk memperbarui nomor dalam database online. Pemilik akan diberikan kartu kesehatan hewan untuk melacak semua kegiatan ternak.

Dengan penandaan sapi dan kerbau, pemerintah ingin merampingkan pelacakan ternak dan tetap di atas vaksinasi hewan, produksi susu dan sebagainya. Pemerintah India mengklaim bahwa hampir satu miliar warga sudah memiliki kartu Aadhar.

Pada 2007 lalu pasukan penjaga perbatasan India sudah mulai mendokumentasi sapi-sapi di seluruh desa di Bengal Barat, lalu mengeluarkan kartu identitas sebagai bentuk penghentian penyelundupan sapi ke Bangladesh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya