Menit Demi Menit Menuju Pelantikan Trump

Donald Trump, Presiden AS terpilih akan segera dilantik menjadi Presiden AS ke 45.
Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri

VIVA.co.id –  Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump dan Wakil Presiden terpilih Mike Pence secara resmi akan mengambil sumpah jabatan pada hari ini, Jumat, 20 Januari 2017, waktu setempat. Pengambilan sumpah jabatan ini akan dilakukan di Gedung Capitol dan diikuti dengan serangkaian acara.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Berikut jam demi jam prosesi pelantikan Trump hingga sah menjadi Presiden AS ke 45, seperti dilansir USA Today dan The Australian:

1.00 AM    : Trump, Pence, dan keluarga mereka diharapkan sudah berada di gereja St.John's Episcopal untuk pelayanan. Gereja ini hanya berlokasi tak jauh dari Gedung Putih.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Setelah itu, Presiden Obama dan Michelle Obama akan menyambut Trump dan Melania di Gedung Putih dengan acara Jamuan Minum Teh.

Kedua pasangan ini lalu akan melanjutkan perjalanan ke Capitol dengan  iring-iringan mobil.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

1.30 AM    : Menjelang upacara pelantikan dimulai di sebelah barat gedung Capitol diiringi penampilan musik.

Acara ini dihadiri oleh Anggota Kongres, Hakim Mahkamah Agung, para Diplomat, dan masyarakat umum. Mantan Presiden AS Jimmy Carter, George W. Bush, dan Bill Clinton akan hadir.Begitu juga kompetitor Trump saat pilpres, Hillary Clinton. Ini akan jadi pertemuan pertama Hillary dan Trump setelah pertarungan mereka di pilpres. Mantan Presiden George H.W Bush tak bisa hadir karena kondisi kesehatan.

Penyanyi sopran berusia 16 tahun, Jackie Evancho, akan menyanyikan lagu kebangsaan AS. Sementara kelompok tari The Rockettes juga akan tampil sebelum pengumuman.

3.30 AM    :  Upacara pembukaan dimulai

Pemimpin spiritual akan membacakan doa dan mengutip kitab.
Mike Pence akan diambil sumpahnya oleh Hakim Mahkamah Agung Clarence Thomas.

04.00 AM    : Trump akan membacakan sumpah jabatan. Ia akan dibimbing oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts. Ia akan menggunakan Kitab Injil yang digunakan oleh Presiden Abraham Lincol saat dilantik, seperti yang diberikan oleh ibunda Trump saat ia pelantikan Sekolah Minggu tahun 1955. Setelah itu Trump akan membacakan pidato pelantikannya.

04.30 AM    : Pelantikan selesai. Setelah itu, sesuai tradisi, Trump dan Pence akan menghadiri Congressional Lunch di Capitol.

07.00-09.00 AM    : Parade Pelantikan
Presiden dan Wakil Presiden yang baru akan diarak sejauh 2,4 kilometer sepanjang Pennsylvania Avenue, dari Capitol ke Gedung Putih. Proses perjalanan ini diikuti oleh 8.000 partisipan, termasuk militer, marching band dari sekolah menengah atas dan universitas, korps berkuda, tim gerak cepat, kelompok veteran, bahkan pasukan traktor.

11 AM -1 PM : Trump, Pence, dan istri mereka akan melakukan tiga pesta dansa pertama yang akan diadakan di gedung pertemuan Walter W. Washington dan Gedung Museum Nasional. Sejumlah pesta dansa lain juga akan dilakukan di seluruh Washington DC. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya