Jadi Ketua ASEAN, Filipina Perkuat Kapasitas UMKM

Duta Besar Filipina untuk ASEAN, Elizabeth Buensuceso (baju hijau).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Tahun ini Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN akan diketuai oleh Filipina yang menggantikan Laos. Untuk itu, tema yang diusung untuk ASEAN 2017 adalah 'Partnering for Change, Engaging the World' yang mencerminkan tekad Filipina untuk mengonsolidasikan masyarakat ASEAN.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

"Melalui tema ini, tujuan perubahan yang diinginkan Filipina adalah dampak positif yang bisa dirasakan dan dialami oleh masyarakat ASEAN. Filipina ingin menjadikan masyarakat sebagai pusat dari setiap kerja sama kami," kata Duta Besar Filipina untuk ASEAN, Elizabeth Buensuceso, di Jakarta, Kamis, 26 Januari 2017.

Membahas tema kepemimpinan ASEAN, Dubes Elizabeth menjelaskan bahwa salah satu contoh yang akan dilakukan Filipina adalah menguatkan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bagi masyarakat serta mempromosikan kesejahteraan para pekerja migran.

Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik

"Saat ini, para negosiator kita sedang bergerak untuk menggerakkan instrumen legal untuk mempromosikan dan menjaga para pekerja migran. Kita berharap selama kepemimpinan Filipina bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat ASEAN, dan siap bekerja sama dengan berbagai pihak, baik kawasan maupun global," ujarnya.

Ia pun menekankan, di bawah kepemimpinan Filipina, ASEAN akan mengejar inisiatif dan meningkatkan kerja sama dengan mitra global untuk memastikan bahwa warga ASEAN dapat hidup damai, stabil, dan mempertahankan sentralitas serta solidaritas.

Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Anggota Komisi PBB untuk Narkotika

Keketuaan Filipina tahun ini juga bertepatan dengan peringatan 50 tahun berdirinya ASEAN. Dalam perayaan ini diharapkan ASEAN akan terus mendapatkan prestasi baru dan memperdalam integrasi untuk menggerakkan terwujudnya komunitas ASEAN yang berorientasi pada masyarakat. (art)

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023