27-01-1943: Kali Pertama, AS Bombardir Jerman

Ilustrasi Perang Spanyol.
Sumber :
  • www.bookmice.net

VIVA.co.id – Hari ini 74 tahun silam. Pesawat tempur Amerika Serikat dari Skuadron 8 berhasil mengebom Jerman untuk kali pertama. Pesawat tersebut diberangkatkan dari Pangkalan Angkatan Udara di Inggris, dan menargetkan Pelabuhan Wilhelmshaven.

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Mengutip situs History, dari 64 pesawat tempur yang berpartisipasi dalam serangan tersebut, 53 di antaranya mencapai target dan berhasil menembak jatuh 22 pesawat tempur Nazi Jerman. AS hanya kehilangan tiga pesawat tempur.

Skuadron 8 AU AS diaktifkan pada Februari 1942 sebagai kekuatan pengebom berat yang berbasis di Inggris. Skuadron ini terdiri atas B-17 Flying Fortresses, yang mampu terbang meski mengalami kerusakan berat, dan B-24 Liberator, pengebom jarak jauh.

Mayday, Pesawat Bom Nuklir Militer Amerika Jatuh

Kedua pesawat pengebom ini namanya menjadi terkenal karena serangan bom presisi di Wilhelmshaven. Skuadron 8 di bawah kepemimpinan Brigadir Jenderal Newton Longfellow ini sangat efektif dan akurat dalam melakukan serangan dengan target gudang serta pabrik.

Skuadron ini pula menjadi yang pertama menantang kekuatan Axis (Nazi Jerman, Italia, dan Jepang). Nazi Jerman terungkap pernah menggunakan senjata biologis berupa nyamuk pada Perang Dunia II.

Semakin Tegang, AS Kirim Pesawat Pengebom ke Pangkalan Udara Korsel Pekan Ini

Saat itu, tentara Nazi menyebar serangan wabah malaria ke wilayah musuh. Jutaan nyamuk pembawa malaria itu disebarkan tentara Nazi di sepanjang jalan menuju Roma, Italia.

Jenis nyamuknya juga tak sembarangan, yakni jenis nyamuk anopheles, gen nyamuk yang kemampuannya dalam menularkan malaria ke manusia sangat ditakuti. (art)

Film berlatanr Perang Dunia II - The Exception

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Perang Dunia II memang penuh dengan tragedi dan kengerian, namun di balik itu ada juga kisah cinta yang tak terlupakan seperti yang ditampilkan dalam 5 film berikut ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024