Israel Dorong Seluruh Kedubes Asing Pindah ke Yerusalem

PM Israel Benjamin Netanyahu saat pidato di Tepi Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Ronen Zvulun/File Photo

VIVA.co.id – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, ia ingin seluruh kedutaan besar asing, atau kedubes di Tel Aviv, pindah ke Yerusalem.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

"Posisi kami selalu dan akan selalu bahwa Kedutaan Besar Amerika Serikat, harus berada di sini, di Yerusalem. Itu, karena Yerusalem adalah ibu kota Negara Israel," kata Netanyahu, seperti dikutip situs Anadolu Agency, Senin 30 Januari 2017.

Tak hanya Kedubes AS, Netanyahu juga menginginkan, agar relokasi semua kedutaan asing secepatnya dilakukan. "Ini langkah yang tepat. Tidak hanya untuk Kedubes AS, tetapi semua kedutaan harus ada di sini. Saya percaya bahwa dari waktu ke waktu, sebagian besar dari mereka pasti akan datang ke Yerusalem," klaim Netanyahu.

Batu Mencurangi Timbangan Umur 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Namun, klaim Israel atas Yerusalem ini, tidak diakui oleh masyarakat internasional dan sebagian besar negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan negeri Yahudi itu menempatkan kedubesnya di Tel Aviv.

Pemukiman merupakan komunitas yang dibentuk Israel, di tanah yang diduduki di Perang Timur Tengah 1967. Wilayah tersebut mencakup Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Dataran Tinggi Golan. Lebih dari 500 ribu orang Yahudi, tinggal di sekitar 140 pemukiman yang dibangun sejak pendudukan.

Produk Es krim Unilever Boikot Penjualan di Tepi Barat

Meski selama kampanye, Presiden AS Donald Trump berjanji untuk memindahkan kedubesnya ke Yerusalem, namun pihak Gedung Putih mengaku belum ada 'keputusan resmi'.

"Pembicaraan ini (Kedubes AS pindah ke Yerusalem) masih dalam 'tahap sangat awal pembicaraan'", ungkap Juru Bicara Gedung Putih, Sean Spicer. (asp)

Saluran air kuno di Yerusalem.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Sebuah toilet jongkok berusia 2.700 tahun ditemukan di sebuah perkebunan kuno di Yerusalem selatan. Parasit berbahaya pun ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2022