Ciptakan Sejarah, India Sukses Luncurkan 104 Satelit

Peluncuran satelit di India, 13 Februari 2017.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – India mencatat sejarah baru dengan keberhasilan negara tersebut meluncurkan 104 satelit dalam satu misi. Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Rusia dengan meluncurkan 37 satelit dalam satu misi pada 2014.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Nyaris seluruh satelit yang diluncurkan itu berasal dari negara asing, kebanyakan dari Amerika Serikat. Hanya tiga satelit yang berasal dari India. Peluncuran tersebut mengambil tempat di Sriharikota, sebuah pusat ruang angkasa di India selatan.

Pengamat mengatakan, peluncuran 104 satelit dalam satu misi itu menjadi sinyal bahwa India mulai muncul sebagai pemain besar dalam pasar ruang angkasa yang nilainya mencapai miliaran dolar AS. "Ini adalah momen besar untuk setiap kita. Hari ini kita mencatat sejarah," ujar Direktur Proyek B Jayakumar, seperti dikutip dari Reuters, 15 Februari 2017.

MUI Kecam Keras India Atas Kekerasan Terhadap Umat Muslim

Perdana Menteri India Narendra Modi menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat atas keberhasilan proyek tersebut. "Prestasi @isro sangat luar biasa dan menjadi salah satu momen membanggakan bagi ilmuwan luar angkasa kita. India mengucapkan salut kepada para ilmuwan," tulisnya melalui akun Twitter. Tagar #worldrecord menjadi tending tropik jagad Twitter sepanjang Rabu, 14 Februari 2017.

Source : Republika

Hubungan Hindu-Muslim di India Memburuk, Sejak Kapan?

India adalah rumah bagi sekitar dua ratus juta Muslim.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2020