Produser Film Inggris Bilang Korut Negara Teraman

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un bersama Dennis Rodman.
Sumber :
  • Twitter Dennis Rodman

VIVA.co.id – Ketika masyarakat internasional mengutuk tindakan Korea Utara dengan uji coba nuklir dan pelanggaran hak asasi manusia berat, justru seorang sutradara film asal Inggris berkata sebaliknya.

Intip Barang Mewah yang Dipakai Nagita Slavina ke Korea

Colin Offland, produser film yang juga pemilik Chief Productions, menegaskan bahwa Korea Utara adalah negara paling aman yang pernah dikunjunginya.

Ia juga merupakan tokoh di balik pembuatan film dokumenter berjudul Bing Bang in Pyongyang, yang dibintangi mantan atlet basket NBA Dennis Rodman, ke negeri paling tertutup di dunia tersebut.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Pria asal kota Manchester ini menyebutkan pemerintahan Jong-un telah menerapkan aturan yang tegas terhadap rakyatnya.

"Ketika saya berada di sana, ia (Kim Jong-un) baru saja mengeksekusi pamannya sendiri, Jang Sung-taek. Jadi, waktu itu cukup mencekam memang berada di sana. Tapi saya pastikan bahwa Korut salah satu negara paling aman yang pernah saya kunjungi," katanya kepada situs Dailystar, Rabu, 22 Februari 2017.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Disebut aman karena negara sangat mengontrol masyarakatnya sehingga tidak ada yang 'melanggar batasan yang telah ditentukan'. "Posisinya sangat jelas. Jika Anda melangkah keluar dari garis, maka Anda tahu hukuman apa yang Anda terima. Inilah yang membuat Korut itu sangat aman," terangnya.

Offland kemudian menyamakan Korea Utara dengan Arab Saudi yang menerapkan aturan serupa. "Selama Anda mematuhi peraturan maka itu baik-baik saja. Sama halnya ketika Anda pergi ke Arab Saudi - negara yang dituding mengekang hak-hak asasi manusia," ujar dia.

Colin Offland.

Colin Offland (zimbio.com).

"Di sana (Saudi), Anda harus mematuhi aturan. Tangan Anda bisa saja dipotong karena hanya mencuri makanan di sebuah toko". Dinasti Korea Utara selalu memproklamirkan dirinya sebagai bangsa yang percaya akan hal-hal supranatural.

Kim Il Sung, pendiri Korea Utara, dipercaya dapat mengontrol cuaca. Ulang tahun Kim Il Sung dan anaknya, Kim Jong-il, juga diperingati sebagai hari libur nasional.

Jong-il sendiri juga tidak kalah mistis, ia pernah mendapatkan nilai sempurna saat main bowling dan golf padahal baru sekali mencobanya. Bahkan setelah kematiannya pada tahun 2011, langit di sekitar Gunung Paektu, Korea Utara dikabarkan bersinar merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya