Borosnya Biaya Hidup Presiden AS Donald Trump

Pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump di sebuah resor mewah di Florida dinilai menghabiskan banyak biaya.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhir pekan lalu melakukan pertemuan perdananya dengan Presiden China Xi Jinping di resor mewah dekat pantai di Florida. Rupanya, biaya yang dihabiskan Trump untuk perjalanannya tersebut terbilang sangat besar.

Kecewa Trump, Matt Damon Dikabarkan Pindah ke Australia

Dilansir Independent, Senin, 10 April 2017, pertemuan Trump di Florida tersebut menghabiskan uang negara sebesar US$24 juta atau setara Rp319 miliar.

Angka ini terbilang fantastis jika dibandingkan dengan mantan Presiden Barack Obama, yang membutuhkan waktu dua tahun masa kepresidenan, untuk menghabiskan uang sebanyak itu.

Trump Mainkan Tarif Impor, Begini Dampaknya ke RI

Sejak menjabat sebagai Presiden sekitar sepuluh minggu yang lalu, Trump telah menghabiskan tujuh kali akhir pekan di Resor Mar-a-Lago, Florida. Diperkirakan bahwa setiap perjalanan tersebut menelan biaya setidaknya US$3 juta, yang meliputi pengamanan ekstensif presiden.

Dibandingkan dengan Obama, jika ditotal, jumlah tagihan perjalanan Obama selama delapan tahun kepresidenannya hanya sebesar US$97 juta, atau rata-rata menghabiskan Rp161 miliar per tahun. Mirisnya, angka sebesar itu hanya dihabiskan Trump selama tiga hari, untuk bermain golf.

Trump Larang Penggunaan Peranti Senjata Api

Biaya perjalanan dan keamanan bagi seluruh keluarga Trump juga sangat tinggi. Apalagi saat ini First Lady Melania Trump dan putra bungsunya Baron masih berada di New York sampai September nanti. Kepolisian New York mengakui bahwa biaya untuk melindungi istri dan anak Trump adalah sebesar US$146 ribu atau setara Rp2 miliar, per hari.

Kritikus menilai, jika Presiden Trump bisa memotong biaya perjalanannya yang menggunakan pajak negara itu. Ia bisa mendanai program-program jaminan sosial dan seni, yang digaungkannya selama masa kampanye beberapa bulan lalu. (ase)

Robert Mueller

Berani Tekan Donald Trump, Mueller Sosok yang Disegani

Mueller bahkan mengancam menggugat Trump agar bisa diperiksa langsung.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2018