Mengenal Pasukan Khusus Penghancur ISIS di Laut

Ilustrasi pasukan khusus.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Inggris resmi membentuk unit komando khusus yang bertugas melindungi seluruh kapal dagang dan pelabuhan dari serangan kelompok Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam (ISIS).

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar

Komandan Korps Marinir Kerajaan Inggris, Mayor Jenderal Robert Andrew Magowan, mengatakan, pasukan amfibi baru bernama Maritime Operations Commando (MOC) 450 ini akan menjaga seluruh garis pantai Inggris Raya.

Unit baru ini "pecahan" The Royal Marines 42 Commando Batallion, yang bermarkas di Plymouth, Inggris. MOC 450 juga bisa dikirim untuk operasi penggerebekan global melawan kapal musuh atau kapal milik teroris.

Innalillahi, Letnan Emil Perwira Pasukan Khusus Rahasia Satbravo 90 Kopasgat TNI Meninggal Dunia

Keberadaan unit kontrateroris ini sebagai jawaban di tengah meningkatnya kekhawatiran jihadis akan menyerang kapal-kapal dagang, baik yang sedang berlabuh maupun di perairan internasional.

Tak hanya itu, Magowan juga mengungkapkan, pelabuhan berada di bawah ancaman karena para jihadis mencoba menyusup ke Inggris.

Ada Kopassus, Ini 5 Pasukan Khusus Militer Terbaik di Dunia

"Ancaman dari perompak Somalia baru-baru ini adalah risiko nyata yang harus dihadapi. Setidaknya, ada enam serangan terhadap kapal-kapal dagang di negara Tanduk Afrika itu dalam satu bulan terakhir," kata dia, seperti dikutip dari situs Mirror, Selasa, 18 April 2017.

Ia memaparkan, perang masa depan akan bersifat kompleks, sehingga Inggris membutuhkan sistem pertahanan untuk terus beradaptasi dengan situasi dan kondisi global.

MOC 450 akan fokus pada aksi pencegatan dan penyerangan maritim, perlindungan terhadap seluruh kapal di bawah bendera Inggris Raya yang berlayar di seluruh dunia.

Unit ini berjumlah 200 personel pilihan. Dengan demikian mampu melalukan operasi militer skala kecil serta mengumpulkan data intelijen. MOC 450 akan dilatih oleh Special Air Service dan Special Boat Service, di mana kedua pasukan khusus ini sudah mendunia namanya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya