Bom Mobil Meledak di Kafe Italia Somalia, 5 Orang Tewas

Bom pernah meledak mengguncang pasar di Mogadishu, Somalia sebelumnya.
Sumber :
  • REUTERS/Feisal Omar

VIVA.co.id – Sedikitnya lima orang tewas dalam serangan bom dengan mobil yang ditabrakkan ke salah satu kafe di Mogadishu, Somalia, pada Senin, 8 Mei 2017. Sejumlah saksi turut membenarkan kejadian ini.

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

Sementara tembakan juga menyusul terjadi pascaledakan bom yang diduga memang sengaja menargetkan kafe Italia yang dikenal dengan kopinya di wilayah itu. Hingga saat ini sebagaimana dikutip dari laman Reuters, belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas kejadian itu.

Namun sejumlah kelompok dicurigai, termasuk kelompok militan Islam Somalia al Shabaab yang diketahui beberapa kali melakukan serangan di Ibu Kota Somalia.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

"Bom bunuh diri dibawa dengan menabrakkan mobil ke kafe sebelum akhirnya meledak. Kami belum tahu jumlah kerugian pasti," kata pejabat polisi setempat, Mayor Aden Ibrahim. Sementara Al Shabaab belum memberi pernyataan.

Belakangan serangan dari Al Qaeda juga disebutkan tak lagi kerap terjadi menyusul adanya sejumlah pasukan keamanan PBB yang ditempatkan untuk membantu pemerintah Somalia mengamankan negaranya. Namun disebutkan masih ada sejumlah aksi pemberontakan terhadap pemerintah.

Prajurit TNI Pasukan Perdamaian di Lebanon Masih Waspadai Bom sampai Serangan Drone

Sementara pada Senin pagi dilaporkan, tiga tentara Somalia juga tewas terbunuh setelah sebuah bom meledak di salah satu wilayah yang berjarak 90 kilometer atau sekitar 60 mil dari Ibu Kota Somalia. (one)

Amerika Serikat (AS) dan Israel.

AS Kirim Ribuan Bom Lagi Buat Bantu Israel

Amerika Serikat (AS) menyetujui pengiriman ribuan bom tambahan ke Israel awal pekan ini. Hal itu disampaikan seorang pejabat pemerintahan Joe Biden.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024