Moon Jae-in Jadi Presiden Baru Korsel

Moon Jae-in usai memberikan hak pilihnya
Sumber :
  • REUTERS/Jeon Heon-kyun/Pool

VIVA.co.id – Politikus liberal, calon Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memenangi pemilu yang digelar pada Selasa, 9 Mei 2017. Hasil itu diketahui dari perhitungan exit poll beberapa saat setelah pemungutan suara selesai.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Dikutip dari laman Reuters, Moon diperkirakan memenangi hingga lebih 40 persen suara dari 13 kandidat yang ada. Pemilu ini diharapkan akan mengakhiri protes dan friksi di Parlemen Korea selama ini terkait pelengseran Presiden Park Geun-hye yang terlibat skandal korupsi besar.

Pemakzulan secara konstitusional terhadap Park Geun-hye digelar Maret lalu. Padahal, Park merupakan presiden Korea pertama yang terpilih secara demokratis. Pascapemakzulan, pemilu lalu digelar untuk mendapatkan presiden baru.

Intip Peluang Timnas Indonesia U-23 Berlaga di Olimpiade Paris 2024

Sementara itu, Moon hadir di depan para pendukungnya setelah angin kemenangan bertiup ke arah pria yang berusia 64 tahun tersebut. Dengan menggunakan setelan biru dan dasi biru pula, dia menyalami para pendukungnya.

"Kita harus tenang. Namun kemenangan ini dipersembahkan kepada masyarakat yang ingin adanya perubahan rezim," kata Moon.

Viral Rezky Aditya Terciduk Dispatch Korea, Citra Kirana: Si Paling Pede!

Dia mengatakan, ada dua pekerjaan rumah yang menanti yaitu reformasi dan persatuan di negara tersebut. Moon telah mengalahkan antara lain calon presiden Hong Joon-pyo yang merupakan mantan jaksa yang mendapatkan suara 23,3 persen. Sementara itu, Moon disebut memperoleh hingga 44 persen suara di pemilu. (art)

Korea Selatan vs Jepang

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Timnas Korea Selatan U-23 mendapatkan kabar buruk jelang menghadapi Timnas Indonesia U-23 pada laga babak 8 besar Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024