Donald Trump Dituding Bocorkan Rahasia, Rusia Membela

Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Sumber :
  • REUTERS/Alexei Druzhinin/RIA Novosti/Kremlin

VIVA.co.id – Presiden Rusia, Vladimir Putin, menawarkan membuka rekaman pembicaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyusul tudingan terhadap Trump yang disebut membocorkan informasi rahasia negara kepada Rusia.

Perkembangan Perang Ukraina-Rusia, Perundingan Damai Berlangsung Panas

Menurut Putin, Trump tidak membocorkan rahasia negara kepada pejabat negara "Beruang Merah" tersebut. Pernyataan Putin pada Rabu, 17 Mei 2017, dikonfirmasi politikus dari Partai Republik AS sebagaimana dilansir Reuters.

Sebelumnya dua pejabat AS disebut memberitahukan bahwa Trump telah membocorkan rahasia negara terkait operasi militer dan mata-mata terhadap ISIS. Informasi diberikan kepada Menlu Rusia saat bertemu dengan Trump pekan lalu. Informasi itu terkait operasi terhadap Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Kabur dari Perang, Tentara Rusia Bakal Dibunuh Pasukan Khusus Putin

Kasus ini lantas menjadi kontroversi. Partai Demokrat AS menuding Trump telah menyalahi sumpah jabatan. Namun Putin menilai tudingan terhadap Trump, sangat tak beralasan.

"Saya bicara dengan Menlu Lavrov hari ini," kata Putin dalam konferensi pers menyoal pembocoran informasi itu.

Presiden Putin Beri Lampu Hijau ke Sukarelawan yang Ingin Bertempur

"Tak ada informasi rahasia yang dibagi kepada kami bahkan kepada intelijen Rusia," lanjut Putin.

Dia melanjutkan, Rusia berharap hubungan dengan AS bisa lebih erat terlepas dari adanya isu-isu yang dikaitkan dengan Rusia selama ini. Putin mengatakan, dia bersedia membuka rekaman dan menunjukkan transkrip pembicaraan menterinya dengan Trump. (ren)

Vladimir Putin, Xi Jinping, dan Joe Biden.

Sumber AS Sebut China Bakal Bantu Militer Rusia dalam Perang Ukraina

Seorang pejabat AS mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi China telah menyatakan kesediaan untuk memberikan bantuan militer dan keuangan kepada Rusia.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022