Qatar Dimusuhi, Indonesia Minta Negara Teluk Tahan Diri

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dan Majlis as-Shura/parlemen Qatar
Sumber :

VIVA.co.id – Pemutusan hubungan diplomatik oleh beberapa negara seperti Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir terhadap Qatar, menjadi sorotan dunia. Pemerintah Indonesia pun mengikuti perkembangan friksi tersebut.

3 Konflik Ini Bisa Menyulut Perang Dunia 3 yang Semakin Santer Dibicarakan

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir mengatakan Indonesia prihatin melihat perkembangan situasi yang terjadi di Timur Tengah saat ini. Indonesia karena itu berharap situasi tersebut dapat diselesaikan dengan dialog.

"Indonesia mengharapkan semua pihak dapat menahan diri dan mengedepankan dialog serta rekonsiliasi untuk menyelesaikan masalah ini," kata Arrmanatha melalui pesan singkat pada Selasa, 6 Juni 2017.

Bank Dunia Perkirakan Perang Timur Tengah Bisa Lambungkan Harga Minyak

Pemerintah Indonesia juga menekankan kembali kepada semua negara agar menghormati prinsip-prinsip hubungan internasional. Hal ini meliputi penghormatan terhadap kedaulatan masing-masing negara dan tidak ikut campur dalam urusan domestik negara lain.

Indonesia juga mengajak semua pihak untuk memerangi terorisme dan berkontribusi dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan dan global.

Mengenal Bangsa Kurdi, Garda Terdepan Penumpas ISIS

Seperti diberitakan sebelumnya, awal pekan ini beberapa negara Teluk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar menyusul perpecahan diplomatik. Arab Saudi yang menuduh Qatar mendukung Ikhwanul Muslimin, ISIS dan Al-Qaeda dengan cara menghasut melalui saluran media.

Sementara itu, Bahrain memutuskan hubungan dengan tetangganya karena Qatar dianggap mengusik stabilitas dan keamanan Kerajaan Bahrain.

Peta Gaza.

5 Negara Arab yang Bisa Tekuk Lutut Militer Israel dan Selamatkan Palestina

Konflik antara Israel dan negara-negara Arab dapat pecah kapan saja saat ini. Apalagi ada sejarah yang panjang dan kompleks antara mereka. Berikut negara arab bisa bantu.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024