Pesawat Myanmar Hilang, Diduga Jatuh di Laut

Foto pesawat militer Y-8-200 F
Sumber :
  • FACEBOOK: CINCDS MYANMAR/Handout/via Reuters

VIVA.co.id – Sebuah pesawat militer yang membawa 120 penumpang dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan dari Myanmar selatan menuju Yangon. Dikhawatirkan, pesawat tersebut jatuh ke laut karena rute yang harus melewati laut Andaman.

Ini Identitas 4 Orang Penumpang Pesawat SAM Air yang Hilang di Papua

Jenderal Myat Min Oo mengatakan pesawat turboprop Y-8 buatan China tersebut membawa 106 penumpang yang kebanyakan merupakan keluarga personel militer serta 16 awak penerbangan. Pesawat dinyatakan hilang sejak Rabu siang waktu setempat.

"Pesawat militer kehilangan kontak setelah lepas landas dari Myeik. Saat ini militer telah memulai pencarian laut dan udara dengan kapal angkatan laut dan pesawat militer. Kami juga sedang mempersiapkan operasi penyelamatan," kata Myat Min, dikutip The Guardian, Kamis 8 Juni 2017.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Ia mengatakan saat hilang kontak, cuaca di sekitar lokasi sedang hujan, meski memang intensitasnya tak terlalu lebat. Myeik yang juga dikenal sebagai Mergui adalah sebuah kota di sebelah tenggara Myanmar di pantai Andaman.

Melalui posting-an Facebook yang diunggah oleh komandan militer, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dikatakan bahwa pesawat tersebut lepas landas dari Myeik pada pukul 01.06 malam dan hilang kontak pada pukul 01.35.

Enam Penumpang Diperkirakan Tewas Setelah Pesawat Rusia Jatuh

Myanmar menerima pesawat Y-8 sejak Maret 2-16 lalu dan telah mencatat 809 jam terbang. Hingga kini pencarian masih dilakukan dengan melibatkan enam kapal Angkatan Laut dan tiga pesawat militer. (ase)

Ilustrasi pesawat perintis

Pesawat Perintis Kargo Smart Air Rute Tarakan-Binuang Hilang Kontak

Pesawat perintis tersebut dilaporkan lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat pada pukul 08.25 Wita.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024