Kesaksian Mantan Direktur FBI Sudutkan Posisi Donald Trump

Presiden AS, Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id – Mantan Direktur FBI James Comey memberikan kesaksian yang menyudutkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di depan Kongres AS pada Kamis, 8 Juni 2017. Dia juga mengatakan bahwa Trump mencoba memengaruhi FBI dan investigasinya setelah Trump memecat Comey dari jabatan itu pada 9 Mei 2017 silam.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

James Comey sebagaimana dilansir laman Reuters, menyatakan bahwa Trump jelas memecatnya karena meneruskan penyelidikan mengenai dugaan skandal Trump dengan Rusia terkait Pemilu AS pada tahun 2016 lalu. Diketahui Pemilu itu memenangkan Trump yang diusung Partai Republik.

Di hadapan Kongres AS, Comey membacakan testimoni sepanjang tujuh halaman. Dalam kesempatan itu, dia juga menyatakan bahwa Trump meminta dia sebelumnya menghentikan penyelidikan terhadap mantan penasihat keamanan nasional dari Partai Republik, Michael Flynn yang diduga tahu banyak soal dugaan konspirasi Trump dan Vladimir Putin.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Bukan saya menyimpulkan bahwa pembicaraan Trump kepada saya sudah merusak penyelidikan, tidak. Namun yang pasti hal itu mengganggu dan menjadi perhatian penting," kata Comey.

Sementara Rusia sebelumnya sudah membantah adanya intervensi negara itu terhadap Pemlu AS. Terkait skandal ini, Donald Trump dan orang-orang di lingkaran dalamnya kini tengah diselidiki tim yang dibentuk oleh Kongres AS. (ase)

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan
Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022