Darurat, Tiap 35 Detik Anak di Yaman Terjangkit Kolera

Anak-anak sakit di rumah sakit di Yaman yang tak layak.
Sumber :
  • Abduljabbar Zeyad/Reuters

VIVA.co.id – Wabah kolera di Yaman disebutkan sudah mencapai level darurat. Apabila tak ada perbaikan dan pengendalian yang tepat maka masyarakat Yaman bisa diprediksi kolaps akibat wabah penyakit.

Koalisi Arab Kritik Laporan Tahunan Sekjen PBB

Riset dan observasi lembaga kemanusiaan anak Save The Children sebagaimana dilansir laman theguardian.com merilis bahwa pada saat ini, setiap 35 detik anak di Yaman, terjangkit penyakit kolera.

Sementara Grant Pitchard, direktur lembaga tersebut di Yaman mengatakan bahwa buruknya infrastruktur dan kondisi kemiskinan dan kelaparan membuat wabah tersebut memburuk. Apalagi rumah sakit yang menampung orang-orang yang terinfeksi tidak tersedia dengan layak.

23 Penyakit Infeksi Masih Berisiko Mewabah di Indonesia

Selama lebih dari dua minggu ini, wabah kolera di negara Timur Tengah itu memang menjadi perhatian internasional. Dalam dua pekan, tingkat penularan meningkat menjadi tiga kali lipat. Generasi muda dan anak-anak disebutkan paling rentan terinfeksi penyakit tersebut.

Pada 13 Juni 2017 hingga 185 orang disebutkan tertular penyakit dan lebih dari 900 orang mati akibat kolera di 20 daerah di Yaman. Badan PBB Unicef menyatakan bahwa diperkirakan masih akan ada 250 ribu kasus kolera di Yaman dalam enam bulan.

Cerita Dokter Bantu Ibu Melahirkan saat RS di Yaman Dibom
Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI Singgung Ancaman Senjata Biologis Massal

Senjata biologis berpotensi menciptakan penyakit menular

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2017