Kebakaran Hutan, Belasan Orang Tewas Terjebak dalam Mobil

Api yang berkobar membakar hutan di Portugal.
Sumber :
  • REUTERS/Rafael Marchante

VIVA.co.id – Kebakaran hutan di Portugal merambat cepat dan membesar tak terkendali. Api terus berkobar dan melalap sekitar hutan.

Mungkinkah Fatwa Agama Cegah Kebakaran Hutan di Indonesia?

Sejumlah warga yang mencoba untuk menyelamatkan diri terjebak situasi dan tewas. Korban tewas disebutkan sudah mencapai 25 orang. Perdana Menteri Portugal Antonio Costa mengatakan kebakaran ini menjadi tragedi terbesar dalam sejarah kebakaran hutan yang pernah terjadi di Portugal.

"Korban tewas kemungkinan masih bisa bertambah," ujarnya. Kebanyakan  korban tewas di dalam mobil mereka ketika berusaha menyelamatkan diri dan menghindar dari api yang berkobar.

BMKG Prediksi Puncak Musim Kemarau Agustus 2020

Sementara Menteri Dalam Negeri Jorge Gomes mengatakan, ada tiga orang yang tewas karena menghirup asap dan 16 lainnya tewas dalam mobil mereka saat melintas di jalan raya yang menghubungkan wilayah Figueiro dos Vinhos menunju Castanheira de Pera. Diantara kedua lokasi itu terjadi kebakaran hebat.

Pemerintah Portugal telah menerjunkan lebih dari 60 mobil pemadam dan sekitar 1.700 petugas pemadam kebakaran. Mereka bekerja keras semalaman untuk memadamkan api.

RUU Cipta Kerja, Jokowi Lemahkan Penegakan Hukum Lingkungan

"Tapi api cepat membesar dengan daya hancur yang luar biasa di depan mereka," ujar Gomes, seperti dikutip dari BBC, 18 Juni 2017.

Hingga saat ini belum jelas penyebab awal kebakaran. "Tapi bisa jadi salah satu penyebabnya adalah petir," ujar Gomes menambahkan.

Kemungkinan itu muncul mengingat Portugal termasuk salah satu negara yang sering dilanda gelombang panas, dengan temperatur bisa mencapai hingga 40 derajat celsius di beberapa area.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya