Hamburg Diinvasi Seribuan 'Zombie'

Protes pertemuan G20 di Hamburg ala zombie
Sumber :
  • REUTERS/Hannibal Hanschke

VIVA.co.id – Mendadak pemandangan di Hamburg, Jerman, pada hari ini, Kamis 6 Juli 2017 berbeda dari biasanya. Banyak “mayat hidup” yaitu orang-orang yang sengaja bertindak seperti zombie berkeliaran di jalanan Hamburg.

Investasi Rp1 Triliun, Bukit Pramuka Jadi Destinasi Cantik Labuan Bajo

Lebih dari 1.000 orang diketahui memang sengaja menggunakan baju serba abu-abu dengan wajah dipulas pucat dan mata melotot, berjalan lunglai seperti zombie di dalam film.

Aksi itu dilakukan oleh para aktivis dan simpatisan gerakan yang memprotes pertemuan kepala negara atau KTT G20 yang akan berlangsung selama dua hari di Hamburg, Jerman.

Kemenhub Siap Lancarkan Transportasi KTT G20 di Bali

Pertemuan pemimpin negara-negara ekonomi maju itu dianggap tak lebih hanya akal-akalan politik tingkat tinggi untuk meloloskan kebijakan yang belum tentu menguntungkan masyarakat di negara masing-masing.

Bahkan, para zombie tersebut dikatakan sudah mulai keluar di jalanan sejak beberapa hari ini, meski dalam jumlah yang masih sedikit, sebagaimana dilansir laman ABC Australia. 

Jokowi Cerita Pemimpin Dunia Cari Dirinya saat KTT G20 dan COP26

Para demonstran menuntut agar kelompok negara G20 menjadi kelompok negara yang egaliter dibandingkan hanya menjadi kelompok yang sesumbar menunjukkan kekuatan ekonomi.

Salah satu panitia aksi, Svan Kammerer mengatakan, G20 harus menjunjung solidaritas kepada dunia.

"Sebenarnya pesannya adalah tidak akan ada perubahan bila hanya sekadar pertemuan politik. Perubahan ya dimulai dari diri sendiri, Anda dan saya," kata Kammerer.

Sementara itu, aksi protes atas G20 juga terjadi di stasiun-stasiun kereta di Hamburg. Pasukan polisi dalam jumlah besar pun diturunkan oleh pemerintah Jerman untuk mengamankan perhelatan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya