Pertemuan Pemimpin G-20 di Jerman Banjir Protes

Poster Fritz-Kola menentang G-20 di Kota Hamburg, Jerman.
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch

VIVA.co.id – Tak hanya para aktivis dan masyarakat yang memprotes pertemuan kepala negara-negara ekonomi maju atau KTT G20 yang dihelat di Jerman pada tanggal 7 hingga 8 Juli 2017 mendatang. Salah satu perusahaan minuman ringan di Jerman fritz-kola juga menunjukkan sindiran melalui iklan yang dipajang berukuran besar di jalanan Hamburg.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dlansir dari Reuters, dalam iklan tersebut digambarkan para pemimpin negara termasuk Presiden AS Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan dengan pakaian lengkap dan mikropon seperti sedang menghadiri pertemuan atau konferensi.

Namun mereka seluruhnya terlihat mengantuk bahkan jatuh tertidur. Di tulisan iklan itu, perusahaan fritz-kola lantas menuliskan tagline yaitu mensch wach auf  'hai orang-orang, bangun' atau bisa juga berarti 'waspada'.

Investasi Rp1 Triliun, Bukit Pramuka Jadi Destinasi Cantik Labuan Bajo

Iklan tersebut dinilai sebagai sindiran bagi kepala negara agar mengerjakan hal yang berguna bagi masyarakat dunia dan menciptakan kesetaraan ekonomi bukan hanya mengejar kekuatan ekonomi dan mengabaikan manusia.

Namun anggapan lain juga menilai bahwa tagline itu mengajak masyarakat agar sadar bahwa pertemuan G20 selama ini tak pernah membawa faedah. Oleh karena itu, orang-orang tidak boleh terbuai dengan janji sekadar kemajuan ekonomi.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Sementara ribuan orang juga melakukan aksi protest dengan melakukan aksi sebagai zombie. Selain itu para aktivis juga menggerakkan demonstrasi di stasiun-stasiun Hamburg. (ren)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022