Trump-Putin Bikin Pertemuan Rahasia di G-20, Bahas Apa?

Donald Trump dan Vladimir Putin
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin diketahui melakukan pertemuan rahasia di sela-sela pertemuan puncak KTT G-20 di Jerman pada awal Juli lalu. Pertemuan ini dilakukan di luar sesi formal yang dilakukan selama dua jam.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Diberitakan Independent, Rabu 19 Juli 2017, pertemuan kedua yang berlangsung beberapa jam setelah pertemuan resmi tersebut bahkan hanya dihadiri Trump, Putin dan penerjemah. Hal ini juga sempat tidak diungkapkan Gedung Putih.

Pejabat Gedung Putih juga tidak menyebutkan lama pertemuan kedua kepala negara maupun topik yang dibahas. Sementara pertemuan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Ian Bremmer yaitu Presiden Grup Eurasia.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Bremmet menilai  pertemuan diam-diam antara Trump dan Putin merupakan suatu pelanggaran terhadap protokol keamanan nasional. Meski dia maklum bahwa hal tersebut mungkin tidak dipahami semua presiden.

Seperti diketahui pada pertemuan formal Trump dan Putin, salah satu yang menjadi pembahasan adalah soal dugaan kolusi Rusia dan Trump selama pilpres AS tahun lalu. Pertemuan yang awalnya dijadwalkan selama setengah jam lalu molor menjadi lebih dari dua jam.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Menteri Luar Negeri Rusia Servey Lavror mengatakan bahwa Trump telah menerima jaminan dari  Putin bahwa Rusia tidak ikut campur dalam Pemilu AS. Sementara Menlu AS Rex Tillerson mengatakan bahwa Trump mengakui soal pembicaraan dugaan campur tangan siber Moskow dalam percakapan awal mereka.

Presiden Rusia, Vladimir Putin.

3 Ayat Al Quran yang Kerap Dikutip Vladimir Putin dalam Pidatonya

Presiden Rusia Vladimir Putin pernah beberapa kali mengutip ayat Al Quran ketika berpidato. Terakhir kali, mengutip saat memperingati Hari Persatuan Nasional Rusia.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022