Gempa Bumi Guncang Turki dan Yunani, Ada Korban Jiwa

Seorang pria melintas di antara reruntuhan paska gempa Turki, 21 Juli 2017.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Sebuah gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter mengguncang Turki dan sebagian Yunani. Sedikitnya dua orang dilaporkan tewas, sedangkan puluhan lainnya luka-luka.

Bertemu Ketua Parlemen Turki, Puan Sekaligus Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa

Kedua korban tewas di wilayah Kos, di Kepulauan Yunani. "Ada dua korban tewas di sini, dan beberapa orang yang terluka," ujar Wali Kota Kos George Kyritsis, seperti diberitakan oleh Reuters, 21 Juli 2017.

Menurut laporan US Geological Survey (USGS), gempa tersebut memiliki kekuatan hingga 6,9 Skala Richter dengan  pusat gempa berada di wilayah karang di sebelah selatan kota Marmaris. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 1.31 dini hari waktu setempat.

Ulang Tahun, Suga BTS Donasi Rp1,2 Miliar Buat Gempa Turki dan Suriah

Diberitakan oleh European Quake Agency (EMSC), gempa tersebut dikabarkan sempat menimbulkan tsunami kecil di sekitar Turki. Pihak berwenang Turki melaporkan terjadinya sejumlah gelombang besar yang mirip tsunami.

"Tsunami kecil terkonfirmasi. HINDARI SELURUH PANTAI DI AREA INI. Tapi Anda bisa selamat di area yang lebih tinggi," ujar EMSC melalui pernyataan resmi mereka di Twitter.

22 Hari Terkubur Di Reruntuhan Gempa Turki, Seekor Kuda Ditemukan Masih Hidup

Namun US Pacific Warning Centre, yang memonitor terjadinya tsunami di seluruh dunia, tak memberikan peringatan apa pun. (ren)

Seminar Internasional yang digelar BSMI.

RI Punya Kontribusi Banyak dalam Penanggulangan Krisis Kemanusiaan Dunia

RI di mata dunia internasonal punya peranan penting dalam membantu penanggulangan krisis kemanusiaan dunia seperti Rohingya Banglaesh hingga gempa Turki.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2023