AS dan Sekutu Eropanya Waswas Tindak-tanduk Rusia

Militer Amerika Serikat
Sumber :
  • Eddie Siguenza/Handout via REUTERS

VIVA.co.id – Sekutu militer Amerika Serikat di Eropa bagian timur dan Ukraina mencurigaI Rusia akan memainkan taktik kuda troya dengan menempatkan sejumlah perangkat senjata di wilayah Belarusia. Hal tersebut disampaikan pejabat militer AS pada Kamis 20 Juli 2017 sebagaimana dilansir laman Reuters.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Diketahui bahwa Rusia sebenarnya sudah meneken kesepakatan untuk menghormati batas-batas wilayah latihan militer. Namun, baik AS dan sekutunya masih khawatir bahwa Rusia memiliki intensi untuk bertindak ofensif.

Letjen Ben Hodges dari Angkatan Darat AS mengatakan bahwa AS dan sekutunya akan intens mengawasi pergerakan Rusia termasuk atas latihan militer Rusia di Belarusia yang dinamakan Zapad 2017.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

"Kami tetap khawatir, meskipun disebutkan penempatan senjata itu hanya untuk latihan. Khawatir ini jadi kuda troya, padahal upaya memindahkan senjata dan prajurit secara diam-diam," kata Hodges.

Negara-negara pakta pertahanan NATO khawatir dengan Rusia, karena militer negara itu tengah menggencarkan dan memperluas lingkup latihan militernya. Diketahui bahwa Rusia juga tengah melakukan latihan bersama militer China yang sudah mendatangkan kapal perang mutakhirnya ke perairan Eropa.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Latihan bersama antara China dan Rusia itu kembali berlangsung setelah vakum dalam waktu yang sangat lama.

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020