Turki Kembali Tahan 1000 Orang Terkait Gulen

sorot antariksa - warga turki
Sumber :
  • REUTERS/Osman Orsal

VIVA.co.id – Kementerian Dalam Negeri Turki menyebutkan bahwa otoritas berwenang telah menahan 1098 orang sejak pekan lalu. Penahanan dilakukan karena diduga memiliki hubungan dengan organisasi militan maupun tindakan makar.

Turki Akan Melancarkan Operasi Militer Melawan Irak Bulan Ini, Ada Apa?

Dalam sebuah pernyataan, disebutkan bahwa dari jumlah tersebut 831 di antaranya ditahan karena diduga memiliki hubungan dengan ulama Muslim yang saat ini berada di Amerika Serikat, Fethullah Gulen. Gulen dituduh oleh pemerintah Turki sebagai otak percobaan kudeta pada Juli lalu.

Dikatakan bahwa 213 lainnya dicurigai memiliki hubungan dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang telah melakukan pemberontakan tiga dekade melawan pemerintah dan dianggap sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Turki dan Eropa.

Erdogan Beri Sinyal Mundur dari Politik: Ini Pemilu Terakhir Saya

Empat puluh enam orang ditahan karena tuduhan terkait dengan negara Islam, sementara 8 lainnya ditahan karena diduga memiliki hubungan dengan "kelompok teroris kiri".

Setelah kudeta pada tanggal 15 Juli, Turki telah menahan sekitar 50 ribu orang dan memecat maupun menangguhkan lebih dari 150 ribu orang dari dinas militer, sipil dan swasta. Tindakan tersebut pun mendapat perhatian dari berbagai kelompok HAM dan negara-negara Barat.

Isi Surat Presiden Turki Erdogan Ucapkan Selamat Pada Prabowo

Meski demikian, pemerintah Turki mengatakan tindakan 'pembersihan' tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan ancaman yang akan dihadapi.

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Turki Serukan Tekanan Besar ke Israel Untuk Mematuhi Tuntutan Gencatan Senjata PBB

Presiden Turki mengatakan bahwa perlunya meningkatkan tekanan terhadap Israel agar mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024