Kirim Pelaku Penipuan ke China, RI Diprotes Taiwan

Tersangka sindikat penipu dan pemeras online asal China dan Taiwan ditangkap di Surabaya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA.co.id – Taiwan memprotes  Indonesia karena mengirim lebih dari 100 tersangka penipu, termasuk 22 warga Taiwan ke China.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Melalui pernyataannya yang dirilis pada Kamis, 3 Agustus 2017, Kementerian Luar Negeri Taiwan memprotes tindakan Indonesia yang mengirim 143 tersangka ke kota-kota China di Chengdu atau Tianjin.

"Kami meminta kunjungan konsulat diplomatik serta bantuan untuk mengidentifikasi orang-orang, dan mendesak Indonesia untuk menangani hal ini dengan adil sesuai dengan undang-undang dan juga untuk menyediakan saluran untuk bantuan hukum kepada warga Taiwan," kata kementerian tersebut seperti dikutip dari Reuters, 3 Agustus 2017.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

Taiwan juga menekankan bahwa China dan Taiwan harus bekerja sama untuk menyelidiki kejahatan lintas batas. "Tapi China secara paksa mengirim warga Taiwan ke daratan China, benar-benar mengabaikan niat baik dan permintaan dari pihak kami, dan berdampak pada perkembangan hubungan lintas batas yang sehat," kata Dewan Urusan Daratan Taiwan.

Namun Kementerian Luar Negeri China memilih tidak mengomentari kasus tersebut.

Modus Tipu-tipu Masuk TNI-Polri, Nina Wati Dilaporkan Bikin Korban Rugi hingga Rp1 Miliar

Taiwan, adalah sebuah pulau yang dianggap China sebagai provinsi yang membandel. Tahun ini negara tersebut juga memprotes Vietnam dan Kamboja karena melakukan hal yang sama. Indonesia, juga Vietnam dan Kamboja, termasuk negara yang mematuhi kebijakan "Satu China" yang digaungkan oleh Beijing, dan tidak mengakui diplomatik Taiwan.

China telah menunda dialog dengan Taipei sejak bulan Juni, sebulan setelah Tsai Ing-wen, seorang tokoh yang pro-kemerdekaan dilantik sebagai Presiden Taiwan. Selama ini Tsai selalu menolak prinsip "Satu China" yang diajukan Beijing. (mus)

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024