Rusia Ingin Punya Pangkalan Militer di Indonesia

Pembukaan Latihan Gabungan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Keberadaan pangkalan militer Rusia di Indonesia tak akan diloloskan oleh pemerintah  mengingat konstitusi tak memberi ruang untuk hal tersebut. Pernyataan itu dilansir laman Sputniknews yang mengutip Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi pada Jumat, 4 Agustus 2017.

Helikopter Militer Jatuh, Marinir TNI Dikirim ke Pulau Kosong

Rusia diketahui memang tak memiliki satu pun pangkalan militer di Asia Tenggara. Meskipun militer Rusia diketahui kerap wara-wiri di wilayah tersebut. Sementara Amerika Serikat memiliki beberapa pangkalan karena menjadi sekutu sejumlah negara Asia Tenggara.

Dubes Mohamad Wahid menyatakan, Indonesia akan selalu menjaga relasi dengan berbagai negara termasuk dalam hal hubungan militer. Indonesia juga sadar adanya ancaman di kawasan termasuk ancaman terorisme yang belakangan sudah menyerang Filipina Selatan.

6 Anak Buah Prabowo Subianto Borong Bintang Emas Jenderal TNI

Namun Indonesia disebut sudah melakukan kerja sama optimal dengan negara-negara tetangga termasuk dengan Filipina dan Malaysia untuk menangani masalah itu.

"Kami sadar ada masalah serius termasuk peringatan dari Timur Tengah soal adanya para militan yang pindah ke wilayah kami. Seperti apa yang terjadi di Marawi," kata Wahid.

Kisah Gila Sertu TNI Nekat Goyang Istri Bawahan di Asrama Hingga Hamil

Sementara Duta Besar Filipina untuk Rusia, Carlos Sorreta mengatakan militer Rusia sangat diterima di wilayah perairan mereka. Namun juga belum ada pembicaraan pasti soal rencana adanya basis militer Rusia di wilayah negara itu.

VIVA Militer: Yonif Para Raider 328

Rusak NKRI, Hidup Gembong Khilafah Ini Berakhir Tragis di Tangan TNI

Dia ditangkap TNI dalam kondisi kelaparan di hutan.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2020