Jet Tempur China Seliweran, Militer Taiwan Siaga

Pesawat tempur China, J-15, mendarat di Kapal Induk Liaoning.
Sumber :
  • REUTERS/Xinhua/Zha Chunming

VIVA.co.id – Militer Taiwan dalam status siaga penuh menyusul adanya unjuk kekuatan pesawat tempur China selama tiga hari. Ini terjadi di pulau-pulau dekat Taiwan, yang juga diklaim Beijing sebagai miliknya.

Heboh Komplotan WNA China Menambang Emas Ilegal di Kalbar, Menteri ESDM Pastikan Ini

Status siaga ini dikonfirmasi oleh Menteri Pertahanan Taiwan, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa 15 Agustus 2017.

Pesawat tempur China tersebut membawa bom dan digerakkan mesin jet mutakhir dan disebutkan melakukan latihan di kanal Bashi yang memisahkan wilayah Taiwan dengan Filipina. Latihan juga dilakukan di bagian utara Taiwan bahkan hingga pulau Miyako, Jepang.

Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Chen Chung-ji, mengatakan bahwa pada saat latihan, ada kalanya pesawat tempur China itu masuk ke zona Taiwan.

"Tentara dan Angkatan Laut kami siaga untuk mencegah masuknya penyusup ke wilayah perairan kami apalagi menunjukkan permusuhan," kata Chen.

Baru Dipakai 39 Km, Xiaomi SU7 Ini Rusak Total

Taiwan menyatakan sudah siap dengan berbagai kemungkinan yang terjadi dan meminta rakyatnya tetap tenang karena militer Taiwan akan bisa menangkal potensi ancaman. Sementara China belum memberi komentar soal tudingan sengaja melakukan latihan udara militer di wilayah negara lain dengan tujuan menggentarkan rival tersebut.

Sejak lama diketahui bahwa masih ada ketegangan antara Taiwan dan China termasuk mengait sengketa wilayah. Meskipun demikian, tak ditampik tetap ada hubungan dagang antara para pebisnis di dua negara itu. (ren)

Xi Jinping bertemu Vladimir Putin di Moskow

Putin Akan Kunjungi China dan Bertemu Xi Jinping Pekan Ini

Kementerian Luar Negeri Tiongkok menginformasikan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin akan melakukan kunjungan kenegaraan selama dua hari ke China, pada minggu ini.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024