Hari Kemerdekaan dan Hari Nasional, ini Bedanya

Bangsa Indonesia rutin merayakan HUT Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus dengan upacara bendera.
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Indonesia akan kembali merayakan hari kemerdekaannya pada 17 Agustus 2017. Tahun ini menjadi HUT kemerdekaan atau Independence Day Indonesia yang ke-72.

Rayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Gelorakan #SemangatSalingBantu

Namun tidak semua negara merayakan Independence Day, karena hal itu mengacu pada keberhasilan perjuangan sebuah negara untuk meraih kemerdekaannya dari penjajah asing.

Dirangkum dari berbagai sumber literatur dan sejarah, Independence Day berarti hari deklarasi maupun peringatan sebuah negara lepas dari penjajahan. Hari ini menjadi sebuah pencapaian besar yang akan menjadi tanda berdirinya sebuah negara yang berdaulat seperti Indonesia membebaskan diri dari penjajahan Jepang dan Belanda pada tahun 1945.

Hari Pahlawan, Megawati Minta Santri dan Milenial Jaga Kemerdekaan RI

Sementara National Day merupakan hari yang tidak selalu berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan. Singapura misalnya merayakan National Day setiap tahun. National day juga bisa diartikan pada waktu sebuah negara meletakkan dasar dan membangun identitas kebangsaannya.

Selain Independence Day dan National Day, ternyata ada juga Republic Day yang mengacu pada peringatan momen sebuah negara resmi menganut bentuk pemerintahan republik. (ren)

Arab Saudi Tegas Mendukung Palestina Merdeka
Proklamasi kemerdekaan, penanda mulainya

5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia, Mana Saja?

Menjelang HUT RI ke-76, yuk simak kilas balik deretan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Negara mana saja?

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2021