Gereja Filipina Kecam Cara Brutal Duterte Berantas Narkoba

Sejak Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, melangsungkan kampanye brutal memberantas narkoba dalam setahun terakhir sudah 3500 orang tewas.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Pemimpin Gereja Katolik Filipina mengkritik pemberantasan narkoba ala Presiden Rodrigo Duterte, yang dinilai beringas dan berdarah-darah. Kardinal Gereja Katolik di Manila, Luis Tagle, mengatakan bahwa para korban yang berjatuhan bahkan ibarat tak punya tempat untuk mengadu.

Ditonton Presiden Jokowi, Segara-Difki Khalif Ramaikan Monday Replay

Menurut Kepolisian Filipina, yang dikutip BBC, sejak Presiden Duterte melangsungkan kampanye memberantas kejahatan narkoba dalam setahun terakhir sudah 3500 orang tewas. Mereka rata-rata dikaitkan dengan sindirkat maupun bandar narkoba.

Namun jumlah itu, menurut aktivis LSM setempat, sebenarnya lebih besar dan angka pastinya tidak dipublikasikan. Bahkan sebagian korban disebut terbunuh tanpa terbukti terkait dengan aktivitas perdagangan narkoba. Kritik juga muncul dari kalangan pegiat HAM.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr Bertemu Jokowi di Istana Bogor

Menurut laporan media, dalam sepekan terakhir saja, ada 90 orang yang tewas dan 32 orang meregang nyawa hanya dalam sehari dalam penyerbuan narkoba di Provinsi Bulacan, sebelah utara Manila.

Salah satu yang terbunuh dalam aksi pemberantasan adalah remaja berusia 17 tahun bernama Kian Delos Santos. Rekaman kamera menunjukkan dia langsung diserang oleh dua orang petugas tanpa bukti bahwa remaja pria itu terkait dengan narkoba saat berada di Kota Caloocan. (ren)

Hadiah Kapolda Metro ke Anggota yang Berangus Narkoba saat COVID-19
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr

Nonton Konser Coldplay Naik Helikopter Kepresidenan, Presiden Filipina Dirujak Netizen

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dikecam netizen di media sosial karena menggunakan fasilitas helikopter kepresidenan untuk menghadiri konser Coldplay

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2024