Wapres JK Sedih Lihat Negara-negara Islam Berperang

Wapres Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK mengatakan merasa sedih karena ada negara-negara Islam yang saat ini saling berperang.

5 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar: Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Kondisi itu disebutkannya terutama terjadi di kawasan Timur Tengah. Selain konflik antarnegara seperti yang terjadi antara Iran dan Arab Saudi, sesama umat Islam yang berada di satu negara juga sering kali berkonflik seperti yang terjadi di Iran, Irak, Yaman serta Suriah.

"Semua ini memberikan tetesan kesedihan kita semua. Kita semua melihat dunia Islam seperti ini. Saling membunuh, saling memberikan konflik satu sama lain," ujar JK saat memberikan kuliah umum dalam Simposium Internasional Pendidikan Islam di Universitas Ibnu Chaldun, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 23 Agustus 2017.

Aksi Sedekah Umat Islam di Dunia Meningkat, 23 Negara Rasakan Manfaat

JK mengingatkan, agama Islam sejatinya diturunkan sebagai rahmat untuk seluruh alam dan mahkluk hidup. JK menegaskan bahwa konflik yang terjadi di antara negara-negara Islam serta di kalangan umat Islam sama sekali tidak mencerminkan rahmat itu.

"Apakah rahmatan lil alamin itu berperang satu sama lain? Saling membunuh satu sama lain? Tentu bukan agama yang salah tapi perilaku yang salah," ujar JK.

7 Amalan Sunnah Spesial Ramadhan: Pahala Berlipat Ganda

JK melanjutkan, umat Islam yang berkonflik seharusnya bisa meniru kondisi keislaman di Indonesia. Meski bangsa Indonesia sangat majemuk, umat beragama hidup rukun di Indonesia. Sesama umat Islam juga bisa hidup dengan rukun. Hal itu terjadi karena budaya kemajemukan yang terus dipelihara.

"Karena itulah maka kita bersyukur berada di Indonesia yang penuh toleransi satu sama lain. Yang menghormati satu sama lain," ujarnya.

Biarawati Jualan Takjil

Viral Biarawati di Sukabumi Jualan Takjil Saat Ramadhan, Ternyata Alasannya Begini

Di Sukabumi, tengah viral kegiatan tak biasa yang dilakukan oleh biarawati. Mereka memilih menjual takjil sebagai pilihan buka puasa bagi umat Islam di bulan Ramadan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024